IMPLICATURE USED BY ENGLISH DEPARTMENT STUDENTS

  • RIZKI PUTRI S

Abstract

Abstrak Di departemen bahasa Inggris, siswa seharusnya mempelajari keterampilan berkomunikasi bahasa Inggris yang baik untuk menjalankan interaksi yang efektif. Keterampilan komunikasi yang baik diperlukan ketika pembicara dan pendengar ingin bertukar informasi. Dalam beberapa kasus siswa memanfaatkan prinsip-prinsip pragmatis untuk menghubungkan jarak dan bergantung pada Pendengar agar memiliki prinsip yang sama dalam memahami interpretasi ucapan. Hal ini disebut implikatur. Penelitian ini berfokus pada implikatur percakapan bahasa Inggris pada siswa jurusan bahasa Inggris yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengungkapkan kemampuan siswa dalam memproduksi implikatur untuk bertukar informasi dengan pendengar. Ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan untuk menggambarkan maksim percakapan dan menganalisis implikatur percakapan yang digunakan oleh para siswa. Teori yang dignakan adalah prinsip-prinsip kooperasi dan implikatur percakapan oleh Grice. Data dikumpulkan dari pengamatan siswa dalam konteks kelas reguler dan pertemuan ESC (English Speaking Community). Data dianalisis melalui proses mengkategorikan, menganalisis dan membahas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implikatur juga terkait dengan cara pembicara mematuhi, mencemooh atau melanggar maksim percakapan. Dari 28 data, maksim kuantitas paling sering dilanggar. Siswa cenderung mencemoohkan atau melanggar maksim percakapan dengan maksud membuat percakapan yang efektif dan menciptakan pemahaman yang lebih baik untuk pendengar. Selain itu ada dua jenis implikatur percakapan yang digunakan oleh siswa yaitu Generalized Conversational Implicature (GCI) dan The Particularized Conversational Implicature (PCI). Ada 12 GCI yang menunjukkan bahwa semua pendengar dapat memahami implikatur pembicara dengan sangat baik. Hal ini karena GCI adalah konteks bebas, kesimpulan ini didasarkan pada pengetahuan umum, bukan konteks. Di sisi lain, 16 PCI memiliki dua kemungkinan yang berkaitan dengan pemahaman pendengar. Pendengar bisa mengasumsikan maksud dari pembicara dengan mudah atau tidak. Hal ini didasarkan pada pengetahuan peserta terhadap kesimpulan yang terikat dengan konteks tertentu. Kata kunci: pragmatik, Implikatur Percakapan, Maksim Percakapan, Model Percakapan. Abstract In English department, the students supposed to acquire good English communication skill to run effective interaction. The good communication skill is needed when the speaker and hearer want to exchange the information. In some cases the students tacitly exploit pragmatic principles to connect the gap and counts on hearer H to invoke the same principles for the purposes of utterance interpretation.It is called Implicature, This study focus on Implicature in English conversation especially in the conversation of English department students whose use english as the main language. This study also aims to reveal the students ability in producing the implicature to exchange the information with the hearer. It is a descriptive qualitative research which is conducted to describe the conversational maxims and to analyze the conversational implicature used by English department students. The theories are the cooperative principles and conversational implicature by Grice. The data are collected from the observation of English department students in regular class context and ESC (English Speaking Community) meetings. The data are analyzed through the process of categorizing, analyzing and discussing. The result of the study shows that implicature also related to the way of a speaker obeys, flouts or violates the conversational maxims. From 28 data, quantitymaxim is mostly flouted. Student tends to flout or violate maximsof conversationswith the intention ofmakingeffective conversationand creating better understanding to the hearer. Moreover there are two type of conversational implicature which is used by the students. They are Generalized Conversational Implicature (GCI) and The Particularized Conversational Implicature (PCI). There are 12 GCI data which show that all of the hearer can understand the speaker’s implicature very well. It is because the GCI is context free, the inferences is based on the general knowledge, not the context. On the other hand, 16 PCI data have two possibilities that are related to the hearer’s comprehension. The hearer can assume the speaker intended meaning easily or not. It is based the knowledge of the participants toward the inference that tied up to the particular context. Keywords: Pragmatics, conversational Implicature, Conversational Maxims, Communication Style
Published
2015-08-12
How to Cite
PUTRI S, R. (2015). IMPLICATURE USED BY ENGLISH DEPARTMENT STUDENTS. LANGUAGE HORIZON, 3(2). https://doi.org/10.26740/lh.v3n2.p%p
Abstract Views: 32
PDF Downloads: 62