The Language Choice of Foreign Students in Learning Bahasa Indonesia at UNESA

  • NABILA MYRRHA RAHMAWATI

Abstract

Abstrak

Pemilihan Bahasa adalah salah satu dari studi yang berfokus pada penelitian sosiolinguistik. Dalam proses penelitianya, study ini menjelaskan tentang pemilihan bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi dengan masyarakat. Hal tersebut menghubungkan kontek sosial dan domain pemakaian bahasa. Dengan menerapkan hubungan tersebut, maka terdapat pandangan tentang bagaimana perilaku pemilihan bahasa oleh mahasiswa asing pada domain pendidikan dan pertemanan dan bagaimana kontek sosial mempengaruhi perilaku pemilihan bahasa mereka.Studi ini menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk menganalisa data. Metode tersebut digunakan untuk membahas masalah-masalah penelitian yang mana: (1) penerapan pemilihan bahasa, (2) pengaruh kontek sosial terhadap perilaku pemilihan bahasa. Mahasiswa asing yang sedang belajar bahasa indonesia di UNESA adalah sumber data pada studi ini. Khususnya, data yang telah diambil adalah dari aktifitas perkuliahan di kelas dan kegiatan sehari-hari diluar kampus. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa Bahasa Indonesia adalah bahasa utama yang digunakan di domain pendidikan. Pada domain pertemanan, mahasiswa asing lebih cenderung untuk menggunakan bahasa yang berbeda untuk berkomunikasi dengan lawan bicara yang berbeda. Penemuan kedua adalah terdapat tiga factor yang dapat mempengaruhi perilaku pemilihan bahasa mereka. Bahasa-bahasa yang berbeda digunakan untuk berkomunikasi dengan participan yang berbeda pada tempat dan fungsi yang berbeda.Studi ini setuju bahwa mahasiswa asing yang sedang tinggal di negara lain mempunyai kecenderungan untuk menjadi penutur tiga bahasa dan menggeser bahasa. Sementara itu, mengalihkan bahasa dalam suatu percakapan sering terjadi ketika mereka berbicara dengan orang yang bukan berasal dari negara mereka. Tinggal di Indonesia selama satu tahun menyebabkan mereka menggeser  dari bahasa resmi negara mereka ke Bahasa Indonesia.

Keywords:language choice

 

Abstract

Language choice  is one of studies under sociolingulistic research. In its research process, this study clarifiesthe choice of languge used in society. It correlates the social context and domain of language use. By applying these correlations, there comes a view of how is the language choice behavior of the foreign students in (education and friendship domain) and how does the social context influence their language choice.This study used descriptive qualitative method to do the analysis in order to expose the research problems which are; (1) the application of language choice, (2) the influence of social context toward language choice behaviour. This study took foreign students who are learning Bahasa Indonesia at UNESA as a source of data. In specific, data were taken mostly from their lecturing activities in class and their daily activities outside of campus. There comes a finding that Bahasa Indonesia is the priority language to use in education domain. While in friendship domain, different languages tend to be applied by foreign students  to communicate with different interlocutors. As the second aim, there are three factors that influence their language choice behaviour. Different languages were applied during communication with different participant, in different setting and function of language.This study argues that foreign students who are living in another country have a tendency for becoming a multilingual speaker and shifting the language. Meanwhile, switching the language often occored when they communicated with non native speaker. Living in Indonesia during one year caused them in shifting from their official language to Bahasa Indonesia.


Kata Kunci:pemilihan bahasa

Published
2016-07-25
How to Cite
MYRRHA RAHMAWATI, N. (2016). The Language Choice of Foreign Students in Learning Bahasa Indonesia at UNESA. LANGUAGE HORIZON, 4(3). https://doi.org/10.26740/lh.v4n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 54
PDF Downloads: 39