Turn-Taking Strategies in MacLean’s National Leaders Debate 2015

  • ARIFA NUGRAHENI

Abstract

Abstrak

Strategi pengambilan giliran adalah strategi yang digunakan di dalam berbagai interaksi, seperti wawancara, percakapan sehari hari, debat, atau berabagai macam percakapan lainnya. Penelitian ini mencoba untuk menemukan strategi pengambilan giliran pada MacLean’s National Leaders Debate 2015. Adapun penelitian ini menganalisa cara partisipan untuk membangun sebuah debat melalui strategi pengambilan giliran karena strategi tersebut memiliki peran penting untuk menganalisa debat ini. Oleh sebab itu, peneletian ini juga menganalisa alasan apa saja di balik terjadinya pengambilan giliran selama debat berlangsung. Untuk melakukan penelitian ini, metode deskriptif kualitatif dipilih untuk menganalisa data percakapan yang ada di dalam debat. Dengan menggunakan media dan metode tersebut, penelitian ini menyajikan beberapa hasil penemuan yaitu bahwasannya di dalam membangun suatu debat, seluruh peserta debat menggunakan strategi pengambilan giliran. Strategi pengambilan giliran tersebut terdiri dari tumpah tindih, interupsi, dan juga sinyal backchannel. Tumpang tindih dan interupsi adalah yang paling banyak muncul di dalam debat. Penelitian ini juga menemukan bahwa ada beberapa alasan mengapa para pendebat dan juga moderator melakukan strategi tumpang tindih. Faktanya setiap strategi memiliki alasan sendiri. Yang pertama, tumpang tindih yang ditemukan di dalam debat dapat dikarenakan untuk memberi sinyal jengkel, memperbaiki, melengkapi, mengingatkan, merespon, memberi pertanyaan, mengambil bagian, dan juga memberikan informasi. Di samping itu, kemunculan interupsi dapat dikarenakan untuk klarifikasi, kelengkapan, dan juga mengambil giliran di dalam debat. Yang terakhir adalah sinyal backchannel yang terjadi untuk dapat merespon pernyataan pendebat yang sebelumnya.

Kata kunci: pengambilan giliran, debat

 

Abstract

Turn taking strategies are the strategies which are used for taking a turn in many kind of interactions such as interview, daily conversation, debate, or it can be many things of conversation. This study attempted to find out the turn taking strategies used by the participants of MacLean’s National Leaders Debate 2015. Meanwhile, this study concerned to analyse the way participants are constructed by the debate through the turn taking strategies because those strategies have the important roles to analyse the debate. Therefore, this study also analysed the reasons of the turn-taking during the debate. In constructing the study, descriptive qualitative method was used to analyse the data in the form of conversation in the debate. By using that media and method, the study presented findings that in constructing the debate, all the participants use the turn taking strategies. Those turn taking strategies consist of overlap, interruption, and also backchannel signals. The overlap and interruption often appeared in the debate. This study also found several reasons why the debaters and the moderator do the turn taking strategies. In fact, each of strategy have their own reasons. First, the overlaps that are found in the debate can be caused for signalling annoyance, correction, completing, reminding, responding, questioning, taking turn, and also informing. Besides, the appearance of interruption are caused by clarification, completion, and also taking the debater’s turn. The last one is backchannel signal that are emerged for only responding the previous debaters’ statement.

Key words: turn-taking strategies, debate 

Published
2016-07-26
How to Cite
NUGRAHENI, A. (2016). Turn-Taking Strategies in MacLean’s National Leaders Debate 2015. LANGUAGE HORIZON, 4(3). https://doi.org/10.26740/lh.v4n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 67
PDF Downloads: 42