The Use of Politeness Strategy in “Good Company” Movie

  • ANGGA PRATAMA PUTRA

Abstract

Abstrak

Kegunaan dari strategi kesopanan merupakan ketrampilan dasar dari seseorang dalam besikap sopan karena karakteristik sesesorang dapat dilihat dan dinilai dari kesopanan mereka. Menjadi salah satu cabang dari kajian pragmatik, fungsi utama dari strategi kesopanan adalah menganalisa makna dalam konteks pembicaraan. Penelitian ini memperhatikan tentang pengaplikasian daripada strategi kesopanan dalam film in good company termasuk dua karakter utama (yakni Carter duryea dan Dan foreman) dan bagaimana mereka menkonsep strategi kesopanan dan apa saja faktor yang mempengaruhi mereka seperti kekuatan, jarak sosial dll. Tujuan penilitian ini adalah untuk menunjukkan keefektifan daripada strategi kesopanan dalam film yang berlatarbelakang tempat kerja yang dilakukan oleh dua karakter utama tersebut  Penilitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dalam menganalisa data dan bergantung pada teori Brown dan Levinson. Bahkan, data yang sudah di kumpulkan melalui proses melihat film, menyalin naskah dan mengelompokkan data di bagi menjadi beberapa poin. Poin-poin yang di maksud adalah (1) menunjukkan tipe-tipe kesopanan yang digunakan Carter dan Dan, (2) apakah faktor utama yang mempengaruhi mereka dalam pengaplikasian strategi kesopanan tersebut dan (3) apakah hasil dari pengaplikasiaan strategi kesopanan yang telah diterapkan. Penelitian ini juga mengemukakan beberapa poin dimana strategi kesopanan yang di pergunakan oleh Dan Foreman dan Carter Duryea yang dikategorikan sebagai strategi yang sukses atau tidak sukses bergantung pada beberapa faktor yang mempengaruhi mereka dalam menunjukkan kesopanan mereka. Didalam film tersebut, strategy kesopanan negative lebih sering di tunjukkan daripada strategi kesopanan yang lain, tetapi strategi kesopanan negatif ini juga dikategorikan sebagai strategi yang tidak sukses dikarenakan faktor jarak social dan kekuatan yang memaksa strategi yang telah di tunjukkan menjadi kurang efektif daripada kegunaan yang sebenarnya dimana strategi kesopanan negatif lebih cenderung dikaitkan dengan strategi yang sukses.

Kata Kunci: percakapan, kesopanan, wajah

 

Abstract

The use of politeness strategy is the basic skill of a person in being polite because someone characteristic can be seen through their politeness. As the branch of pragmatic study, the function of politeness is to analyze the contextual meaning in a conversation. This study focuses on the implied politeness strategies In Good Company movie including the two main characters (Carter Duryea and Dan Foreman) in how they construct politeness strategies and what factors that influences them. The purpose of this study is to show the effectiveness of politeness strategy in a workplace background movie by the main characters. This study used descriptive qualitative method to do the analysis and relied on the Brown and Levinson politeness strategy theory. Moreover, the data that have been collected through the process of watching movie, transcribing the script and classifying are analyzed by several points. Those are, (1) to shows what kind of politeness strategies that frequently used by Dan and Carter (2) what is the main factors that influence them to do politeness strategies and (3) what is the result in applying the politeness strategy. This study also points out the outcome of politeness strategy which is used by Dan Foreman and Carter Duryea which categorized as successful or unsuccessful strategy depends on several factors that influence them in being polite. In the movie, the negative politeness strategy is the most used strategy by both main characters than the others strategies, but that strategy is also failed and classified as unsuccessful strategy because the factors of social distance and power that pushed the strategy become less effective than it really is.

Keywords: conversation, politeness, face

Published
2016-08-26
How to Cite
PRATAMA PUTRA, A. (2016). The Use of Politeness Strategy in “Good Company” Movie. LANGUAGE HORIZON, 4(4). https://doi.org/10.26740/lh.v4n4.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 36
PDF Downloads: 190