Parental Guidance Movie: Psycholinguistics Perspective of Utterances in Turner Simmons’s Stuttering

  • LELIANA DESITA IRIYANTI

Abstract

Abstrak

Fenomena berbicara gagap umum terjadi di kalangan masyarakat namun tidak semua orang mengerti apa yang terjadi pada penderita gagap yang menyebabkan mereka memiliki kesulitan dalam berkata. Gagap dapat terjadi pada orang di segala umur, meski begitu gagap umum terjadi terutama pada usia pertumbuhan yang sedang belajar berbicara. Penderita gagap dalam memproduksi kata atau kalimat saat berbicara, biasanya tidak lengkap sebagaimana mestinya karena otak manusia yang berfungsi sebagai pengolahan bahasa memiliki gangguan fungsi. Tujuan dari peneitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan jenis-jenis gagap yang lalu dikaitkan pada jenis-jenis bunyi ucapan yang susah dikatakan pada anak yang bernama Turner Simmon di film Parental Guidance. Penelitian ini menjelaskan jenis-jenis gagap dan bunyi ujaran pada anak penderita gagap dalam perspektif psikolinguistik. Dalam gagap, penyebabnya belum diketahui tetapi diyakini adanya gangguan dalam cara koordinat otak berbagai komponen yang berfungsi sebagai pengolahan bahasa.Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif dengan prioritas untuk menganalisis dan menggambarkan data. Data dari penelitian ini diambil dari percakapan yang dilakukan oleh Turner Simmons, khususnya pada saat terjadinya gagap. Temuan penelitian ini hanya ditemukan empat jenis gagap dari enam jenis gagap dalam ucapan Turner yaitu pengulangan bagian - kata, pengulangan seluruh - kata, perpanjangan suara, dan blok yang muncul dalam fenomena Turner. Sebagian besar pengulangan bagian - kata terjadi di awal kata. Sementara, bunyi yang sebagian besar muncul dalam gagap Turner adalah / s /, / w /, / d /, dan / ð /. Bunyi / s / adalah bunyi tertinggi yang sering terjadi dalam ucapan Turner.

Kata Kunci: gagap, ucapan,bunyi ujaran, psikolinguistik

 

 

Abstract

The phenomenon of stuttering is common among people, but not everyone understands what happens to people with stuttering that caused them to have difficulty in speaking. Stuttering happens in persons of any age, however it is most basic in youthful kids who are creating and learning language and speech. In stuttering, producing speech is not complete as it should be, because human brain that functions as language processing has dysfunction.The purpose of this study is to identify and describe the types of stutteringthenassociatedto the kinds of speech sounds that occurs in children called Turner Simmon in Parental Guidance movie. This study explained the types of dysfluencies and speech sound of a child who has a stuttering in psycholinguistics perspective. In stuttering, the causes are not yet known but it is believing that there are disruption in the way the brain coordinates the various components which functions as language processing.This study used qualitative descriptive with priority to analyze and describe data. The data from this study were taken from conversations conducted by Turner Simmons, especially at the time he produced his stuttering. The findings of this study only found four types of stuttering from the six types of stuttering in speech Turner which is part – word repetition, whole – word repetition, sound prolongation, and block appear in Turner’s phenomena. Mostly part – word repetitions occurred in the beginning of word. While, the speech sounds that mostly appear in Turner’s stuttering are /s/, /w/, /d/, and /ð/. The /s/ sound is the highest sounds that often occur in Turner’s utterances.

 

Keywords: stuttering, utterances, speech sound, psycholinguistics

Published
2016-12-21
How to Cite
DESITA IRIYANTI, L. (2016). Parental Guidance Movie: Psycholinguistics Perspective of Utterances in Turner Simmons’s Stuttering. LANGUAGE HORIZON, 4(4). https://doi.org/10.26740/lh.v4n4.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 95
PDF Downloads: 261