Morpho-Semantic Analysis in Electronic Product Brands

  • IRSALINA RACHMA VIRAMDANI

Abstract

Abstrak

Sebuah produk dengan nama yang kurang menarik sukar menarik perhatian masyarakat. Oleh karena itu, banyak perusahaan berfikir kreatif dalam merancang merek yang unik serta mudah diingat. Fenomena demikian juga terjadi dalam pembentukan merek produk elektronik sebab teknologi digital dewasa ini telah menjadi sebuah gaya hidup. Alhasil, berbagai produk elektronik baru pun bermunculan dan ikut berkompetisi dengan para pendahulunya. Analisis ini bertujuan untuk mengetahui tipe pembentukan kata apa saja yang ada pada merek produk elektonik yang berasal dari beberapa negara maju, yakni Amerika Serikat, Britania Raya, dan Jepang; dan pula untuk memahami bagaimana merek-merek tersebut menunjukkan arti. Metode kualitatif diaplikasikan pada penelitian ini. Hasil dari studi ini menyebutkan bahwa terdapat enam tipe pembentukan kata yang ditemukan, yakni kompositum, perpaduan kata, pemangkasan kata, penciptaan kata, singkatan, dan akronim. Setiap negara memiliki karakteristik tersendiri dalam menamai merek mereka. Selain itu, studi ini juga menemukan enam klasifikasi kerangka semantik; binatang sebagai merek, buah sebagai merek, tempat sebagai merek, orang sebagai merek, produk sebagai merek, and konsep sebagai merek. Sebagai contoh, produk Apple dikategorikan sebagai buah sebagai merek. Pengetahuan umum mengenai ukuran, berat, dan bentuk buah apel yang mudah dibawa mengacu pada ukuran produk Apple yang mudah dibawa pula.

Kata Kunci : Pembentukan kata, merek produk elektronik, kerangka semantik

 

Abstract

A product with an unattractive brand name is hardly expected to appeal people’s interest. Therefore,  many companies try thinking creatively in making the unique and memorable brands. Such phenomena, also appear in branding electronic product brandssince digital technology becomes lifestyle nowadays. Consequently, there are lots of new electronik product brands appear to compete with the prior success ones. This analysis purposes to describe the types of word formation occur in electronic product brands from several developed countries, namely United States, United Kingdom, and Japan; and to comprehend how they denote the meaning. The qualitative method is employed in this analysis. The result of this study confirms that there are six types of word formation process found, namely compounding, blending, clipping, coinage, abbreviation, and acronym and that each country has its own characteristic in forming a brand. Also, the study reveals that there are five classifications of frame semantic; fruit as brand, place as brand, person as brand, product as brand, and concept as brand. For instance, the Apple brand is classified as fruit as brand. The common knowledge of the portable size, weight, and shape of an apple refers to the portable size of the Apple brand.

Keywords: Word formation, electronic product brand, frame semantic.

Published
2017-01-10
How to Cite
RACHMA VIRAMDANI, I. (2017). Morpho-Semantic Analysis in Electronic Product Brands. LANGUAGE HORIZON, 5(1). https://doi.org/10.26740/lh.v5n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 176
PDF Downloads: 332