The Impacts of ESC Leaders’ Code Switching on Participants’ Attitude

  • ROMANDA LEO AGUSTA M.

Abstract

Abstrak

Saat ini, kemampuan berbicara bahasa Inggris menjadi hal yang paling penting untuk para mahasiswa, khususnya mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris UNESA. Terlebih, salah satu kegiatan di jurusan ini adalah English Speaking Club. Di kegiatan ini, pemimpin kelompok ESC mengambil peran penting untuk memimpin diskusi menggunakan bahasa Inggris. Agar lebih mudah, penggunaan bahasa dan alih kode juga penting karena pemimpin kelompok harus memberikan perlakuan yang berbeda untuk setiap peserta di kelompoknya agar para peserta bisa lebih mudah untuk mengembangkan kemampuan bahasa Inggrisnya. Penulis menggunakan 2 teori yatu teori dari Holmes tentang sikap terhadap bahasa dan teori dari Wardhaugh tentang alih kode. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data tersebut dikumpulkan dari observasi, wawancara, dan kuesioner. Penelitian ini berfokus pada alasan dari alih kode yang digunakan oleh pemimpin kelompok dan sikap peserta terhadap alih kode yang dilakukan oleh pemimpin kelompok di kelompok ESC. Penulis ingin mengetahui apakah pemilihan bahasa dalam memimpin kelompok ESC bisa mempengaruhi sikap peserta terhadap bahasa tersebut atau tidak. Ditemukan bahwa, sikap peserta terhadap alih bahasa yang dilakukan oleh pemimpin kelompok dipengaruhi oleh kemampuan Bahasa Inggris para peserta. Para peserta di level yang lebih rendah cenderung mempersilahkan pemimpin kelompok untuk menggunakan alih bahasa dengan tujuan untuk membuat pemahaman yang lebih baik untuk mereka. Sebaliknya, para peserta di level yang lebih tinggi cenderung menginginkan pemimpin kelompok untuk menghindari penggunaan alih bahasa dengan tujuan untuk membuat pertemuan ESC lebih efektif dan berguna untuk para peserta. 

Kata Kunci : Pemimpin Kelompok, Peserta, ESC, Sikap Bahasa, Alih Kode

 

Abstract

Nowadays, English speaking skills is the most important for college student, Especially for English department UNESA. Moreover, one of the activities in English Department is English Speaking Club. In this activity, the group leader of ESC plays important role in order to lead the discussion using English language. To make it easy, language used and code switching are also important because the group leader must give different treatment for every participants in his or her group to make the participants develop their English fluency more easily. The writer use two theories, which are Holmes theory about attitude to language and theory from Wardhaugh about code switching. This study uses descriptive qualitative method. The data are collected from observation, interview, and questionnaire. This study focuses on the reasons of code switching which the Group leader used and the participant’s attitude toward the Group leader’s code switching in ESC Group. The writer would like to know whether the language choice in Leading the ESC group may influents the participant’s attitudes toward the language or not. It is found that the participants’ attitude toward group leaders’ code switching is strongly influenced by the participants’ English fluency. The participants in the lower level prefer the group leader to use code switching in order to make the better understanding for the participants themselves. Otherwise, the participants in the higher level prefer the group leader to avoid code switching in order to make the ESC meeting more effective and useful for the participants.

Key Words: Group Leader, Participants, ESC, Languages Attitudes, code switching

Published
2017-01-10
How to Cite
LEO AGUSTA M., R. (2017). The Impacts of ESC Leaders’ Code Switching on Participants’ Attitude. LANGUAGE HORIZON, 5(1). https://doi.org/10.26740/lh.v5n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 26
PDF Downloads: 41