ENGLISH ADAPTATION IN INDONESIAN BANNER: PHONOLOGICAL PERSPECTIVE

  • ROKHMAD ARNAS PRAHASTO

Abstract

Abstrak

Penelitian ini fokus terhadap adaptasi bahasa Inggris dalam spanduk berbahasa Indonesia: perspektif fonologi. Penelitian ini menggunakan teori oleh Jensen (2004), Katamba (1995), dan Yule (2010) untuk menemukan tipe proses fonologi adaptasi bahasa Inggris dalam spanduk berbahasa Indonesia. Oleh karena, data dari penelitian ini diperoleh dari spanduk-spanduk berbahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan diskriptif kualitatif. Alasan menggunakan pendekatan tersebut karena data berupa kata-kata dari pada ke bilangan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada lima tipe proses fonologi adaptasi bahasa Inggris dalam spanduk-spanduk berbahasa Indonesia, yaitu pemendekan, penghapusan, asimilasi, penambahan, dan disimilasi. Proses lain tidak dianalisis karena proses-proses yang lain tidak ditemukan. Tipe-tipe ini ditemukan dalam spanduk-spanduk berbahasa Indonesia yang digunakan untuk beradaptasi dengan bahasa penerima dan juga untuk membuat penyesuaian pada sistem.

Kata Kunci: adaptasi bahasa Inggris, spanduk berbahasa Indonesia, proses fonologi                

 

Abstract

This research focuses on English adaptation in Indonesian banner: phonological perspective. This research uses theory from Jensen (2004), Katamba (1995), and Yule (2010) to find out the types of phonological process of English adaptation in Indonesian banners. Since the data of this research were taken from Indonesian banners. This research used descriptive qualitative approach. The reason using this approach because the data were words rather than number. The results of this research show that there are five types of phonological process of English adaptation in Indonesian banners, they are shortening, deletion, assimilation, insertion, and dissimilation. Other processes are not analyzed because those processes are not found. These types found in Indonesian banners are used to adapt with recipient language and also to make a fit to the system.

Key words: English adaptation, Indonesian banner, phonological process

Published
2017-07-27
How to Cite
ARNAS PRAHASTO, R. (2017). ENGLISH ADAPTATION IN INDONESIAN BANNER: PHONOLOGICAL PERSPECTIVE. LANGUAGE HORIZON, 5(2). https://doi.org/10.26740/lh.v5n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 50
PDF Downloads: 118