THE CONTRIBUTION OF ARABIC PHONOLOGY TO ENGLISH PRONUNCIATION

  • LINDA MANGI FERA INDIKA

Abstract

Abstrak

Tidak adanya dua bunyi bahasa Inggris, /θ/ dan /ð/ dalam Bahasa Indonesia yang dapat ditemukan dalam bahasa Arab dapat membuat orang Indonesia lebih mudah mengucapkan bahasa Inggris. Penelitian ini menyelidiki lima anak berusia 9-10 tahun yang mampu melafalkan bahasa Arab (makhorijul huruf) tetapi tidak pernah belajar bahasa Inggris di lembaga kursus atau bimbingan belajar mana pun. Karena penelitian ini berupaya menemukan makna suatu fenomena bahasa, metode kualitatif pun digunakan. Metode kualitatif digunakan untuk mengeksplorasi dan memahami makna individu atau kelompok yang berkaitan dengan masalah sosial atau manusia dan menguraikan konten selama tes yang diberikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 100 data yang berasal dari 20 kata yang diucapkan oleh 5 subjek, subjek penelitian sebagian besar berhasil melafalkan kata-kata secara akurat. Subjek penelitian ini berhasil dalam pelafalan karena pengucapan bunyi /θ/ dan /ð/ yang tidak ada dalam Bahasa Indonesia dapat ditemukan dalam bahasa Arab. Semua subjek yang berhasil melafalkan bunyi adalah karena mereka mendapatkan transfer bahasa positif dari bahasa Arab.

Kata kunci: Fonologi, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Arab.

Abstract

The absence of two English sounds, /θ/ and /ð/ in Bahasa Indonesia that can be found in Arabic may lead Indonesian people easier to pronounce English. This research investigates five children aged 9-10 years who are able to pronounce Arabic (makhorijul huruf) but never learn English at any course or tutoring agency. Since this study seeks to find the meaning of a language phenomenon, qualitative method is used. Qualitative method is used for exploring and understanding the meaning of individual or groups ascribe to social or human problem and elaborate into content during the given test. The result shows that from 100 data which come from 20 words pronounced by 5 subjects, the subjects of the research are mostly succeded in pronuncing the words accurately. The subjects of the research are succeded in pronunciation because producing /θ/ and /ð/ sounds which are absent in Bahasa Indonesia can be found in Arabi.. All the subjects are succeeded in pronuncing the sounds is because they get positive language transfer from Arabic.

Keywords: Phonology, English, Bahasa Indonesia, Arabic.


Published
2020-01-10
How to Cite
MANGI FERA INDIKA, L. (2020). THE CONTRIBUTION OF ARABIC PHONOLOGY TO ENGLISH PRONUNCIATION. LANGUAGE HORIZON, 7(1). https://doi.org/10.26740/lh.v7n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 147
PDF Downloads: 169