COMMUNICATIVE ACTS OF DEAFBLIND CHILD IN THE MIRACLE WORKER MOVIE

  • NOVITA WAHYUNINGTYAS

Abstract

Kajian ini ditujukan untuk menjelaskan tindak komunikasi dari anak buta-tuli. Tindak komunikasi adalah perilaku inisiatif yang dapat diterka oleh lawan bicara, seperti menunjuk seseorang, membawa atau meminta sesuatu sebagai permohonan ke seseorang, dan lain sebagainya (Bjerkan, 1997). Dalam hal ini, hasil bahasa seorang buta-tuli ditampakkan dalam bentuk bahasa perilaku. Tujuan dari kajian ini adalah: untuk mengelompokkan jenis-jenis tindak komunikasi yang digunakan oleh anak buta-tuli untuk mengungkapkan perasaannya dalam film The Miracle Worker. Disini, Helen Keller menjadi buta-tuli dikarenakan sakit yang dialaminya ketika berusia 19 bulan, dimana pada usia tersebut anak cenderung berkomunikasi melalui ekspresi (Yule, 2010). Pengelompokan ini menggunakan kategori dari Deasy dan Lyddy (2009); untuk mengelompokkan jenis-jenis fungsi tindak komunikasi yang muncul pada perilaku anak buta-tuli dalam  film The Miracle Worker. Ini dilakukan dengan menggunakan pengelompokan Nichols et al; kemudian yang terakhir, untuk memahami penerimaan tindak komunikasi anak buta-tuli bagi orang lain di sekitarnya dalam film The Miracle Worker. Deskriptif kualitatif adalah pendekatan yang dilakukan untuk melakukan penelitian ini. Semua data diambil dari perilaku Helen keller. Tapi, kajian ini hanya memfokuskan pada tindak komunikasinya. Subjek dari kajian ini adalah tindakan komunikasi Helen Keller, anak buta-tuli dalam film The Miracle Worker sebagai data utama. Selain itu, sumber data kajian ini adalah Helen Keller  sebagai tokoh utama dalam film The Miracle Worker. Film ini menceritakan tentang kehidupan Helen Keller, anak buta-tuli yang berusia 7 tahun. Film ini diadopsi dari kisah nyatanya. Akhirnya, hasil dari kajian ini menunjukkan bahwa ada jenis-jenis tindak komunikasi yang ditemukan dalam film ini. Jenis-jenis tindak komunikasi tersebut adalah touch clues, iconic or miming gestures, deictic gestures, bodily perceived gestures, objects of reference type 1, adaptive signs, and objects of reference type 2. Kemudian, jenis-jenis fungsi tindak komunikasi yang ditemukan dalam film ini adalah directives, markings, statements, questions and requests, and undecided. Selanjutnya, diketahui bahwa hampir semua tindak komunikasi Helen Keller, anak buta-tuli, dapat diterima oleh orang-orang disekitarnya dalam film The Miracle Worker. Tapi disini, ditemukan sebuah tindak komunikasi yang tidak dapat diterima dengan baik oleh orang-orang disekitarnya. Hal ini terjadi ketika Helen Keller menyentuh mulut Percy, salah satu pembantu keluarga Helen Keller. Ketidakditerimaan terjadi karena objek referensi yang digunakan untuk mengidentifikasi keberadaan seseorang tersebut  tidak biasa (mulut Percy). Meskipun buta-tuli, namun naluri berbahasa yang dilakukan Helen Keller menunjukkan bahwa dia melakukan bentuk komunikasi yang sama dengan orang lain di sekitarnya.

Kata kunci: pencapaian, tindak komunikasi, fungsi-fungsi tindak komunikasi, dan penerimaan

 

Abstract

This paper is to reveal the communicative acts of deafblind child. Communicative act is a gumption which can be guessed by the interlocutor, like pointing someone, taking or asking the thing as a request to someone, etc (Bjerkan, 1997). Here, the language outcome of deafblind individual is actualized into the language act. The aim of this paper is: to categorize the kinds of communicative acts which are used by deafblind child to express her feeling in The Miracle Worker movie. In this case, Helen Keller becomes deafblind because she gets a disease when she was 19 months old, where the child actually tends to communicate through such expression (Yule, 2010). This paper uses the category from Deasy and Lyddy (2009); to classify the kinds of communicative act functions which appear in deafblind child’s acts in The Miracle Worker movie. It uses the category from Nichols et al; then the last, to understand the acceptability of deafblind child communicative act to other people around her in The Miracle Worker movie. Descriptive qualitative was the approach to work on this study. All of the data were taken from the acts of Helen Keller. But, it focuses only on the communicative acts. The subject in this study is the acts of Helen Keller, the deafblind child in The Miracle Worker movie. It is also known as its data. Besides, the source of data was Helen Keller as the main character in The Miracle Worker movie. This movie tells about the life of Helen Keller, 7-years old deafblind child. It is adopted by the true story of her. Finally, the result of this paper shows that there are kinds of communicative acts which are found in this movie. They are touch clues, iconic or miming gestures, deictic gestures, bodily perceived gestures, objects of reference type 1, adaptive signs, and objects of reference type 2. Then, the communicative act functions which are found in the movie are directives, markings, statements, questions and requests, and undecided. After that, it is known that almost all of Helen Keller, the deafblind child’s communicative acts can be accepted by the people around her in The Miracle Worker movie. But here, there is a communicative act found that can not be accepted well by the people. It is when Helen Keller touched Percy’s mouth. The unacceptability happens because of the object of reference used to indicate someone’s existence is unusual (Percy’s mouth). Although deafblindness, but the language instinct which is done by Helen Keller shows that she does the same communication form with other people around her.

Key words: acquisition, communicative acts, communicative act functions and acceptability.

Published
2014-08-20
How to Cite
WAHYUNINGTYAS, N. (2014). COMMUNICATIVE ACTS OF DEAFBLIND CHILD IN THE MIRACLE WORKER MOVIE. LANGUAGE HORIZON, 2(03). https://doi.org/10.26740/lh.v2n03.p%p
Abstract Views: 126
PDF Downloads: 89