PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JERMAN SISWA KELAS XI SMAN 1 TARIK
DOI:
https://doi.org/10.26740/lat.v4n1.p%25pAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi oleh sikap pasif para siswa saat pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jerman berlangsung. Bedasarkan hasil pengamatan lapangan yang dilakukan oleh peneliti, sikap pasif para siswa disebabkan karena guru mendominasi kegiatan pembelajaran dan siswa hanya mendengarkan. Selain itu pengajaran guru kurang bervariasi sehingga kurang menarik minat siswa dalam belajar bahasa Jerman keterampilan berbicara. Sebagai alternatif untuk mengaktifkan siswa dalam pembelajaran berbicara bahasa Jerman adalah dengan menggunakan metode Talking Stick. Metode ini dalam penerapannya mengharuskan siswa aktif dalam berbicara bahasa Jerman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan ketrampilan berbicara bahasa Jerman siswa, dari yang tadinya pasif menjadi aktif. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah proses pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jerman di SMA Negeri 1 Tarik dengan menggunakan metode Talking Stick?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pembelajaran keterampilan bahasa Jerman dengan menggunakan metode Talking Stick.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan selama tiga kali pertemuan. Instrument penelitian ini adalah observasi, tes, dan angket respon siswa. Data penelitian ini adalah hasil proses, hasil observasi dan hasil angket respon siswa. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif.
Jumlah siswa kelas lintas minat adalah 23 siswa. Peneliti setelah melakukan penelitian menunjukkan bahwa siswa aktif berbicara. Peneliti memberikan pertanyaan pada seorang siswa sembari memberikan tongkat dan siswa yang memegang tongkat tersebut wajib menjawab pertanyaan. Bila yang memegang tongkat tidak bisa menjawab, maka anggota kelompok yang lain dapat menjawab namun harus memegang tongkat terlebih dahulu. Setelah dilakukan tiga kali penerapan, para siswa menjadi aktif dan antusias dalam pembelajaran keterampilan berbicara.
Kesimpulan penelitian ini adalah kegiatan belajar-mengajar melalui pembelajaran Kooperatif dengan metode Talking Stick dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas XI lintas minat SMA Negeri 1 Tarik dalam keterampilan berbicara bahasa Jerman.
Kata kunci :metode Talking Stick, keterampilan berbicara.
ABSTRACT
The background of this study is due to the passive students to learn the German language in speaking skills. Because the teacher more actively in the learning activities and student only listen. In addition to teaching the teacher does not vary so less interest students in learning. As alternatives to enable students learning German, with talking stick method application. Students must actively speaking in the application of this learning method. The aim of this study is to improve the skills of German students, but passive to active, and from an already active, but the pronunciation and grammar is still a mess into a proper grammar. Formulation of the problem in this study are: (1) What is the process of learning the German language in speaking skills in SMAN 1 with apply Talking Stick?. The aim of this study is to describe the process of learning German skills by using Talking Stick method.
Nature of this study is a qualitative descriptive. This study was conducted over four sessions. This research is the observation instrument, test and response data from students. The data of this study is the result of learning process, observations and results of student response data. The data collected were analyzed using qualitative descriptive approach.
The number of students is 23 students. Researcher after research showed that students speak active. The examiner gives to a student question while the students hold with a Stick to answer questions. If the student who hold Stick can not answer, the other group members can answer, but must keep the Stick first. After three times applied Talking Stick method, the speaking skill of student had increase.
The conclusion of this study is the teaching and learning activities through cooperative learning talking stick method can improve in German speaking skill students Class XI cross interest of SMA Negeri 1 Tarik.
Keywords: talking stick method, speaking