PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT PADA KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 BOYOLANGU

Authors

  • ATIKA KHAIRUNNISA

DOI:

https://doi.org/10.26740/lat.v4n1.p%25p

Abstract

ABSTRAK

Kata kunci : model pembelajaran cooperative script, pembelajaran menyimak.

Menyimak yakni mendengarkan    (memperhatikan)  dengan baik-baik apa yang diucapkan atau dibaca orang.

Pada tahap menyimak ini cukup dengan mendengarkan baik-baik yang diucapkan secara lisan oleh orang lain untuk memperoleh informasi nyata. Serta perlu didukung dengan penyampaian yang jelas pula dari pembaca dalam menyampaikan informasi.

Berdasarkan pengamatan kegiatan belajar mengajar peneliti menemukan masalah dalam kegiatan belajar bahasa Jerman kelas XI UPW SMK Negeri 1 Boyolangu pada keterampilan menyimak kurang maksimal dan harus ditingkatkan.Hal ini terjadi disebabkan kurangnya kosakata dan pemahaman materi yang disajikan kepada siswa.Salah satu model pembelajaran yang dapat menggali kemampuan menyimak siswa adalah model pembelajaran cooperative script.

Model cooperative script merupakan metode belajar yang membutuhkan kerjasama antara dua orang, yang mana yang satu sebagai pembicara dan yang satunya sebagai pendengar.Model pembelajaran ini dipilih oleh peneliti karena sangat cocok digunakan dalam pembelajaran bahasa Jerman untuk melatih kemampuan berfikir dan menyimak siswa.

Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan langkah-langkah model pembelajaran cooperative script pada keterampilan menyimak bahasa Jerman.

Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi kualitatif.Data penelitian diperoleh dari observasi aktivitas siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa kelas XI UPW SMK Negeri 1 Boyolangu dalam pembelajaran menyimak bahasa Jerman mengalami peningkatan aktivitas setelah penerapan model pembelajaran cooperative script dengan langkah-langkah cooperative script dalam menyimak.

 

 

ABSTRACT

Keywords: the learning model cooperative Script, the hearing skills

                        Listening to the listening (attention) with well what is spoken or read people.

At this stage it is enough to listen to listen well spoken orally by others to obtain real information. And should be supported by clear communication of the reader also in conveying information.

                        Based on the observation of teaching and learning activities investigators found problems in learning the German language class XI UPW SMK Negeri 1 Boyolangu at less than the maximum listening skills and should be improved. This happens due to a lack of vocabulary and understanding of the material presented to students. One model of learning that can dig listening skills students are learning model cooperative script.

                        The model is a script cooperative learning methods that require cooperation between the two, which one of the speakers and the other as a listener. The learning model is selected by researchers because it is very suitable for use in the German language learning to train students' ability to think and listen.

                        The purpose of this study is to describe the steps of cooperative learning model script in German language listening skills.

                        This research is a qualitative description. Data was obtained from the observation of student activity.

The results showed that the activity of class XI student of SMK Negeri 1 Boyolangu UPW in learning the German language listening increased activity after the implementation of cooperative learning model script with script cooperative measures in listening.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2015-02-12

How to Cite

KHAIRUNNISA, A. (2015). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT PADA KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 BOYOLANGU. LATERNE, 4(1). https://doi.org/10.26740/lat.v4n1.p%p
Abstract views: 30 , PDF Downloads: 73