Authors

  • EKA NUR ASITA

DOI:

https://doi.org/10.26740/lat.v4n1.p%25p

Abstract

ABSTRAK

Kata kunci  : Media Kamus Tematik Bergambar, keterampilan menulis.

Penelitian ini dilatarbelakangi kesulitan siswa dalam menulis yang benar secara tatabahasa dengan menggunakan kosakata serta ungkapan yang tepat. Hal ini disebabkan kurangnya perbendaharaan kosakata yang dimiliki siswa. Tanpa penguasaan kosakata yang memadai, kegiatan menulis tidak akan dapat berjalan dengan baik. Untuk meningkatkan perbendaharaan kosakata maka perlu adanya sebuah Kamus. Kamus merupakan  buku yang dapat membantu siswa dalam memahami sebuah kata atau istilah.  Berdasarkan hal tersebut, peneliti membuat sebuah media Kamus Tematik Bergambar. Kamus Tematik Bergambar merupakan media penunjang buku ajar Löwe 2, yang memiliki ilustrasi gambar dan contoh kalimat untuk memudahkan siswa dalam pemahaman kata-kata atau istilah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana proses penyusunan Media Kamus Tematik Bergambar sebagai penunjang buku ajar Löwe 2 pada Pembelajaran bahasa Jerman untuk meningkatkan keterampilan menulis di SMA Negeri 1 Krian?” Tujuan penelitian ini adalah untuk mendreskripsikan proses penyusunan Media Kamus Tematik Bergambar sebagai media pembelajaran menulis kelas XI SMA.

Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan model pengembangan menurut Sadiman. Media yang dikembangkan divalidasi oleh dosen dan guru bahasa Jerman SMA, serta siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Krian berjumlah 12 siswa sebagai responden media.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media Kamus Tematik Bergambar yang dikembangkan telah layak digunakan. Ditinjau dari beberapa kriteria sebagai berikut: 1) Hasil rata-rata validasi ahli media sebesar 90% dengan kriteria penilaian “sangat kuat” dan validasi ahli materi sebesar 92.5% dengan kriteria penilaian “sangat kuat”. 2) Respon siswa terhadap media Kamus Tematik Bergambar sebesar  87,5% dengan kriteria “sangat kuat”. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa media Kamus Tematik Bergambar dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa Jerman untuk keterampilan menulis siswa kelas XI SMA.

 

ABSTRACT

Conclusion: Thematic Visual Dictionary media, writing.

The background of this study is to learn from student difficulties in written explicitly. Because students have Poor vocabulary. Without good vocabulary have, can not take good writing. Improve vocabulary needs a dictionary. Dictionary is helping to understand the students to understand the meaning of words. On this basis, the examiner makes a Thematic Visual Dictionary media. Thematic Visual Dictionary is media textbook Lowe 2 support that has the pictures and example sentences, students help understand a word. Formulation of the problem in this research is " How is the process of preparing Media Thematic Dictionary Illustrated as supporting textbook Lowe 2 on learning German to improve writing skills in SMAN 1 Krian?". The purpose of this study is to describe the process of form for Thematic Picture Dictionary media.

Nature of this study is the development of investigators with qualitative descriptive use a development model by Sadiman. Media Development validated by German lecturer and German high school teachers and 12 students of class XI SMA Negeri 1 Krian language program validated as respondents media.

The results of this study show that the Thematic Picture Dictionary media use is good. Starting meet some of the following criteria: 1) The average result of media expert validation is 90% with the evaluation criteria "very strong" and validation of expert material is 92.5% with the assessment criteria "very strong". 2) Students' response to media Thematic Illustrated Dictionary of 87.5% with the criteria of "very strong". Based on these results, we can conclude that the Thematic Picture Dictionary media can use when writing expressly learning of students.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2015-02-12

How to Cite

NUR ASITA, E. (2015). LATERNE, 4(1). https://doi.org/10.26740/lat.v4n1.p%p
Abstract views: 76 , PDF Downloads: 54