MEDIA KARTU UNTUK PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN

  • ERLYN ARGIANITA

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kesulitan siswa dalam menulis karangan sederhana karena adanya kesulitan pula dalam penguasaan kosakata yang berupa kata benda dan kata kerja, akibatnya siswa membutuhkan waktu yang lama untuk menghasilkan sebuah tulisan karena bergantung pada kamus. Untuk itu perlu adanya sebuah media yang dapat meningkatkan perbendaharaan kosakata khususnya kata benda dan kata kerja dalam bentuk media kartu. Media kartu dalam penelitian ini diadaptasi dari permainan kartu UNO, yang mengandung kosakata berupa kata benda dan kata kerja serta gambar ilustrasi sebagai pengganti angka dan warna pada kartu UNO supaya dapat memainkannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana proses pembuatan media kartu dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman“. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan  proses pembuatan media kartu untuk pembelajaran keterampilan menulis Bahasa Jerman.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan teknik analisis data yang dikemukakan oleh Miles dan Hauberman. Media yang dikembangkan divalidasi oleh dosen, alumnus desain grafis dan guru Bahasa Jerman SMA, serta siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Waru berjumlah 20 siswa sebagai responden media.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media Kartu yang dikembangkan telah layak digunakan. Hal ini dilihat dari penilaian validasi oleh validator media yang menyatakan bahwa media kartu telah layak digunakan dengan sedikit revisi sedangkan validator materi menyatakan bahwa media kartu telah layak digunakan tanpa revisi. 

Kata Kunci          : Media Kartu, Keterampilan Menulis

Published
2015-07-01
How to Cite
ARGIANITA, E. (2015). MEDIA KARTU UNTUK PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN. LATERNE, 4(2). https://doi.org/10.26740/lat.v4n2.p%p
Abstract Views: 58
PDF Downloads: 77