Analisis Buku Ajar Ich Liebe Deutsch für SMA/MA Klasse X (kurikulum 2013)

  • FATIMATUL MUFIDAH

Abstract

Salah satu sarana yang menunjang proses pembelajaran Bahasa Jerman adalah buku ajar. Buku ajar memiliki peranan yang sangat penting bagi pendidik maupun peserta didik. Oleh sebab itu, peran pendidik dalam memilih dan memutuskan buku ajar mana yang digunakan dalam pembelajaran sangat dibutuhkan. Tentunya buku ajar yang dipilih harus memenuhi kriteria buku ajar yang baik. Sehingga, dapat menunjang keberhasilan peserta didik dan dapat membimbing serta mengarahkan proses pembelajaran yang lebih baik. Sehingga diperlukanlah analisis buku ajar untuk mengetahui kualitas buku ajar tersebut. Salah satu buku ajar bahasa Jerman yang beredar yaitu buku Ich liebe Deutsch für SMA/MA Klasse X (Kurikulum 2013).

Bedasarkan konteks permasalahan tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah buku „ich liebe Deutsch“ sudah sesuai dengan kriteria buku ajar Bahasa Jerman untuk SMA/sederajat? 

Penelitian ini menggunakan kriteria buku ajar BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan) aspek kelayakan isi dan kriteria bahan ajar bahasa Jerman Hans Jürgen Krumm dalam menganalisis buku ich liebe Deutsch.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa buku ich liebe Deutsch kurang memenuhi kriteria buku ajar bahasa Jerman karena :

  1. Tidak disajikannya bagian yang berisi keterangan tentang kaitan materi dengan Kurikulum 2013.
  2. Materi yang disajikan tidak memuat dua KD bahasa Jerman yaitu KD 3.4 dan 4.4 yakni yang berhubungan dengan karya sastra.
  3. Kurangnya variasi materi.
  4. Kurang seimbangnya latihan untuk empat keterampilan.
  5. Kurang adanya petunjuk pelaksana dalam latihan berupa contoh pengerjaan.
  6. Materi keterampilan mendengar tidak disertai dengan kaset/CD yang mendukung.
  7. Materi tata bahasa kurang disajikan dengan jelas dan terarah
  8. Tidak adanya materi yang memuat pengetahuan budaya, sejarah dan bahasa secara spesifik.
  9. Rujukan yang digunakan dalam buku ich liebe Deutsch kurang terkini.
  10. Gambar atau foto yag disajikan kurang memotivasi peserta didik karena seluruhnya bewarna hitam putih.
  11. Bahasa yang disajikan hanya terbatas pada bahasa pergaulan. Tidak menyajikan bahasa sastra dan sangat sedikit menyajikan bahasa iklan.
  12. Tidak adanya kamus/glossarium untuk membantu memahami isi buku ich liebe Deutsch

 

Kata kunci : analisis, buku ajar

Published
2015-07-01
How to Cite
MUFIDAH, F. (2015). Analisis Buku Ajar Ich Liebe Deutsch für SMA/MA Klasse X (kurikulum 2013). LATERNE, 4(2). https://doi.org/10.26740/lat.v4n2.p%p
Abstract Views: 46
PDF Downloads: 109