HASIL BELAJAR KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUESTION STUDENT HAVE

  • SILVINUS SAP

Abstract

Dalam pembelajaran bahasa Jerman, siswa harus dapat menguasai empat keterampilan yaitu, mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Menulis merupakan salah satu kompetensi yang harus dikuasai siswa. Oleh karena itu, siswa harus terampil memanfaatkan struktur bahasa.

Oleh karena itu, dicoba diterapkannya teknik Question Student Have untuk membantu keterampilan menulis bahasa Jerman bagi siswa kelas XI Lintas Minat SMAN 1 Taman Sidoarjo. Dengan teknik pembelajaran tersebut, siswa dapat menyampaikan informasi secara tertulis, dengan memunculkan ide-ide kreatif.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ā€œBagaimanakah hasil belajar siswa kelas XI Lintas Minat SMAN 1 Taman Sidoarjo dalam pembelajaran menulis bahasa jerman dengan menggunakan metode Question Student Have? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa melalui metode Question Student Have dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, sehingga akan didapatkan hasil belajar dengan menggunakan metode Question Student Have pada keterampilan menulis bahasa Jerman siswa kelas XI Lintas Minat SMAN 1 Taman Sidoarjo. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes. Tes yang diberikan adalah menulis terpimpin.

Data yang didapatkan dalam penelitian ini adalah hasil tes menulis terpimpin siswa dengan menggunakan metode Question Student Have. Pengambilan data ini dilaksanakanĀ  empat kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai siswa yang awalnya tidak baik, menjadi lebih baik. Hal itu ditunjukkan dari rata-rata hasil belajar siswa pada tes pertemuan pertama, yaitu 77,02. Pertemuan kedua 79,15. Pertemuan ketiga 77,43 Pertemuan keempat 77,97.

Published
2015-07-01
How to Cite
SAP, S. (2015). HASIL BELAJAR KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUESTION STUDENT HAVE. LATERNE, 4(2). https://doi.org/10.26740/lat.v4n2.p%p
Abstract Views: 20
PDF Downloads: 26