HASIL BELAJAR SISWA DALAM KETERAMPILAN MENULIS MELALUI MEDIA PUISI

  • AGUSTINA INA BITI

Abstract

Kata Kunci : Parafrase Puisi, Keterampilan Menulis

Dalam kegiatan berbahasa terdapat empat macam keterampilan berbahasa yang harus dikuasai siswa, yaitu mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis. Menulis merupakan kompetensi paling akhir yang harus dikuasai siswa. Karena kurangnya minat belajar siswa kelas XI Bahasa MAN Bangkalan terhadap pelajaran bahasa Jerman maka diangkat media puisi sebagai penyemangat atau motivasi belajar bahasa Jerman dalam keterampilan menulis. Puisi merupakan salah satu bentuk karya sastra klasik yang dikemas dalam kata – kata yang indah. Puisi biasanya digunakan oleh kaula muda menyampaikan rasa cinta dan kasih sayang kepada lawan jenisnya. Dengan media puisi ini, siswa dapat menyampaikan informasi dalam bentuk parafrase.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana hasil belajar siswa di MAN Bangkalan – Madura dalam keterampilan menulis dengan media puisi?”. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa di MAN Bangkalan – Madura dalam keterampilan menulis dengan media puisi Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif kualitatif yaitu data disampaikan dalam bentuk uraian kata. Instrumen dalam penelitian berupa puisi yang diparafrasekan siswa.

Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah hasil parafrase siswa. Pengambilan data dilakukan dalam lima kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat variasi hasil belajar dalam memparafrase puisi. Pada pertemuan pertama skor yang diperoleh adalah 651. Perolehan skor pada pertemuan kedua meningkat menjadi 682. Pada pertemuan ketiga total skor menurun menjadi 593. Pada pertemuan keempat skor semakin menurun menjadi 523 dan pada pertemuan kelima skor kembali meningkat menjadi 619. Oleh karena itu media puisi ini boleh diterapkan dalam pembelajaran bahasa Jerman pada keterampilan menulis dengan bantuan assisiogram karena total perolehan nilai siswa mengalami peningkatan dalam tiga kali pertemuan.

Published
2015-07-01
How to Cite
INA BITI, A. (2015). HASIL BELAJAR SISWA DALAM KETERAMPILAN MENULIS MELALUI MEDIA PUISI. LATERNE, 4(2). https://doi.org/10.26740/lat.v4n2.p%p
Abstract Views: 34
PDF Downloads: 26