Hasil Belajar Keterampilan Menulis dengan Menggunakan Metode Think Talk Write (TTW)

  • DESI TRISNANI

Abstract

Kata kunci : keterampilan menulis, metode Think Talk Write

 

Dalam pembelajaran Bahasa Jerman pada siswa SMA mencakup 4 aspek yaitu menyimak, berbicara,  membaca , dan menulis. Dalam aspek menulis, siswa mengungkapkan kembali suatu gagasan, ujaran atau materi ajar secara tertulis dalam pembelajarannya dikelas. Keberhasilan proses pembelajaran tersebut, tidak terlepas dari kemampuan guru mengembangkan strategi pembelajaran secara efektif didalam proses pembelajaran. Model pembelajaran Kooperatif ( Cooperative Learning ) adalah model pembelajaran yang berfokus pada penggunaan kelompok kecil siswa untuk bekerja sama untuk mencapai tujuan belajar. Salah satu kelebihan pada model ini  ialah dapat melibatkan siswa secara aktif dalam mengembangkan pengetahuan, sikap, dan keterampilannya. Dalam model pembelajaran ini, terdapat beberapa metode pembelajaran yang mendukung, diantaranya ialah metode Think-Talk-Write (TTW). Dalam metode ini, siswa memiliki peran individu dan anggota dari kelompok. Metode ini pada dasarnya dibangun melalui berpikir, berbicara, dan menulis. . Alur TTW dimulai dari keterlibatan siswa dalam berpikir atau berdialog dengan dirinya sendiri, selanjutnya berbicara dan membagi ide dengan temannya. Kemudian siswa mengungkapkan idenya melalui tulisan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Bagaimana hasil belajar keterampilan menulis dengan menggunakan metode Think Talk Write pada kelas XI Bahasa MAN 2 Bojonegoro. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar keterampilan menulis dengan menggunakan metode Think Talk Write pada kelas XI Bahasa MAN 2 Bojonegoro. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan dilakukan selama 5 kali pertemuan. Instrumen penelitiannya ialah tes, dan data penelitian berupa hasil belajar siswa. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif.Jumlah siswa dalam penelitian ini ada 26 orang. Selama 5 kali pertemuan, siswa diberikan pembelajaran dengan metode TTW. Kesimpulan dari penelitian ini ialah, hasil belajar siswa pada pertemuan I ke pertemuan II menurun karena siswa belum terbiasa dan belum paham pelaksanaan metode TTW. Namun pada pertemuan II hingga pertemuan ke V meningkat karena siswa sudah paham dan terbiasa menggunakan metode tersebut dalam meningkatkan keterampilan menulisnya. Berarti hasil belajar siswa dalam keterampian menulis meningkat dengan menggunakan metode ini. Sehingga metode ini dapat digunakan dalam pembelajaran keterampilan menulis pada kelas Bahasa MAN 2 Bojonegoro

Published
2015-07-01
How to Cite
TRISNANI, D. (2015). Hasil Belajar Keterampilan Menulis dengan Menggunakan Metode Think Talk Write (TTW). LATERNE, 4(2). https://doi.org/10.26740/lat.v4n2.p%p
Abstract Views: 22
PDF Downloads: 40