HASIL BELAJAR KETERAMPILAN MENULIS MELALUI PENDEKATAN SCIENTIFIC SISWA KELAS X MIA 3 SMAN 1 TAMAN

  • ELRET TANTIANA MBUKA

Abstract

      Keterampilan berbahasa dalam kurikulum di sekolah mencakup empat aspek, yaitu keterampilan menyimak, keterampilan berbicara, keterampilan membaca dan keterampilan menulis.Pembelajaran bahasa Jerman yang dilaksanakan di SMA ditujukan agar siswa dapat mengatur dan merangkai jalan pikiran, serta mengemukakannya secara tertulis dengan jelas, lancar, dan komunikatif. Menulis merupakan salah satu kompetensi yang harus dikuasai siswa.

       Menulis dalam pembelajaran bahasa Jerman juga membutuhkan kesempurnaan dalam pemilihan kosakata, ejaan, koherensi antar kalimat maupun gramatik maka pengajar harus memanfaatkan model dan pendekatan pembelajaran untuk menyampaikan materi pengajaran keterampilan menulis. Pendekatan scientific adalah salah satu alternatif pembelajaran dalam keterampilan menulis bahasa Jerman. Menulis dapat membantu siswa untuk menyampaikan informasi , pikiran dan perasaan kedalam sebuah tulisan yang membutuhkan pelatihan.

        Siswa kelas X MIA 3 SMAN 1 Taman masih mengalami permasalahan, yaitu siswa mempunyai kesulitan dalam menuangkan ide dalam bentuk tulisan,  Mereka seringkali merasa takut salah dalam menuliskan kata atau kalimat dan kurangnya  pebendaharaan  kata  yang dimiliki siswa. Siswa merasa kurang termotivasi dalam mengerjakan tugas menulis karena teknik pembelajarannya kurang bervariatif. Hal ini akan berdampak pada hasil belajar siswa. Oleh karena itu, dicoba diterapkannya pendekatan scientific untuk membantu keterampilan menulis bahasa Jerman. Dengan pendekatan scientific tersebut, siswa dapat menyampaikan informasi secara tertulis dengan menggunakan kalimat sederhana, dengan memunculkan ide-ide kreatif dan meningkatkan kosakata.

       Rumusan masalah dalam peneltian ini adalah “Bagaimanakah hasil belajar siswa kelas X MIA 3 SMAN 1 Taman dalam keterampilan menulis melalui pendekatan scientific”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa dalam keterampilan menulis melalui pendekatan scientific kelas X MIA 3 SMAN 1 Taman.

        Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, sehingga akan didapatkan hasil belajar dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman melaui pendekatan scientific pada siswa kelas X MIA 3 SMAN 1 Taman. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes.

       Dari hasil penelitian dapat disimpulkan : (1) Berdasarkan data nilai hasil belajar siswa pada pertemuan I, II, III dan IV yang mengalami peningkatan, maka disimpulkan bahwa pendekatan scientific cocok digunakan sebagai metode pembelajaran  keterampilan menulis bahasa Jerman. (2) pendekatan scientific  ini lebih tepat digunakan untuk memunculkan ide-ide kreatif dan peningkatan kosakata siswa, serta untuk menyampaikan informasi secara tertulis.      

Kata Kunci : Hasil Belajar, Keterampilan Menulis, Pendekatan Scientific

Published
2015-07-01
How to Cite
TANTIANA MBUKA, E. (2015). HASIL BELAJAR KETERAMPILAN MENULIS MELALUI PENDEKATAN SCIENTIFIC SISWA KELAS X MIA 3 SMAN 1 TAMAN. LATERNE, 4(2). https://doi.org/10.26740/lat.v4n2.p%p
Abstract Views: 27
PDF Downloads: 26