HASIL BELAJAR MENULIS KALIMAT BAHASA JERMAN SISWA KELAS X MIA 5 SMA NEGERI 1 TAMAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH

  • FERDINANDUS D Y BORE

Abstract

Penelitian ini akan mengkaji hasil belajar menulis kalimat bahasa jerman siswa kelas x mia 5 SMAN 1 Taman dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Judul ini dipilih atas dasar pada masalah yang dihadapi siswa pada saat belajar menulis.

Model pembelajaran kooperatif tipe make a match merupakan pembelajaran yang menggunakan teknik mencari pasangan yaitu siswa mencari pasangan dengan bantuan kartu sambal belajar tentang konsep atau tema tertentu.

Berkaitan dengan hasil belajar menulis kalimat sederhana, rumusan masalah yang digunakan dalam penelitian ini adalah berikut: “Bagaimana hasil belajar menulis kalimat sederhana siswa kelas X MIA 5 SMAN 1 Taman menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a match?”. 

Berdasar pada rumusan masalah di atas, tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil belajar menulis kalimat sederhana siswa kelas X MIA 5 SMAN 1 Taman dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match.

Berkaitan dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match nilai rerata tes tulis siswa pada pertemuan pertama adalah 99.26, pada pertemuan kedua adalah 97.35, pertemuan ketiga 98.13, dan pertemuan ke empat adalah 91.21.

Kata kunci : Keterampilan Menulis, Model pembelajaran Kooperatif tipe make a match.

Published
2015-07-01
How to Cite
D Y BORE, F. (2015). HASIL BELAJAR MENULIS KALIMAT BAHASA JERMAN SISWA KELAS X MIA 5 SMA NEGERI 1 TAMAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH. LATERNE, 4(2). https://doi.org/10.26740/lat.v4n2.p%p
Abstract Views: 38
PDF Downloads: 38