MEDIA GAMBAR ANIMASI UNTUK PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN

  • YOHANES KURNIAWAN

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi kesulitan siswa dalam menulis karangan sederhana karena adanya kesulitan pula dalam penguasaan kosakata yang berupa kata benda dan kata kerja, akibatnya siswa membutuhkan waktu yang lama untuk menghasilkan sebuah tulisan karena bergantung pada kamus. Untuk itu perlu adanya sebuah media yang dapat meningkatkan perbendaharaan kosakata khususnya kata benda dan kata kerja dalam bentuk media gambar animasi. Media gambar animasi dalam penelitian ini mengandung kosakata berupa kata benda dan kata kerja serta gambar kartun ilustrasi sebagai pengganti gambar yang sebenarnya, dan dibuat lebih berwarna  supaya dapat menarik perhatian siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini yang diambil dari latar belakang, maka dapat dirumuskan yaitu apakah media gambar animasi layak untuk pembelajaran keterampilan menulis bahasa jerman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan  kelayakan media gambar animasi dapat digunakan dalam keterampilan menulis bahasa jerman.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan teknik analisis data yang dikemukakan oleh Miles dan Häuberman. Media yang dikembangkan divalidasi oleh alumnus desain grafis.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media gambar animasi yang dikembangkan telah layak digunakan. Hal ini dilihat dari penilaian validasi oleh validator media yang menyatakan bahwa media kartu telah layak digunakan dengan sedikit revisi.

Kata Kunci  : Media Gambar Animasi, Keterampilan Menulis

Published
2015-10-30
How to Cite
KURNIAWAN, Y. (2015). MEDIA GAMBAR ANIMASI UNTUK PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN. LATERNE, 4(3). https://doi.org/10.26740/lat.v4n3.p%p
Abstract Views: 80
PDF Downloads: 328