Hasil Belajar Keterampilan Berbicara Siswa MAN 2 Bojonegoro dengan Menggunakan Media Tsngga Pertanyaan

  • DWI RACHMANDA NURLITASARI

Abstract

Dalam mempelajari bahasa asing khususnya Bahasa Jerman ada empat keterampilan yang harus dikuasai oleh siswa yaitu keterampilan berbicara, keterampilan menulis, keterampilan menyimak dan keterampilan membaca. Kemampuan keterampilan berbicara adalah keterampilan yang berguna untuk menyampaikan pendapat, berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru Bahasa Jerman MAN 2 Bojonegoro  diperoleh beberapa informasi yang berkaitan dengan pembelajaran Bahasa Jerman yaitu siswa kurang minat, kurang tertarik dan masih sulit untuk mengucapkan atau berkomunikasi dengan Bahasa Jerman. Siswa kurang aktif berbicara menggunakan bahasa Jerman di dalam kelas. Kesulitan siswa dalam berbicara Bahasa Jerman dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah siswa merasa kurang menguasai tata bahasa Jerman dengan baik dan tidak percaya diri. Oleh karena itu diperlukan alat yang membuat siswa tertarik, termotivasi dan merangsang siswa agar memudahkan mereka untuk memulai komunikasi dengan Bahasa Jerman serta dapat menunjang pelaksanaan pembelajaran. Salah satunya adalah penggunaan media pembelajaran. Media tangga pertanyaan merupakan media yang menggunakan daftar pertanyaan dari topik tertentu yang saling berhubungan antara satu dengan yang lainnya. Media ini berfungsi sebagai alat untuk memberikan arahan jalan pikiran kepada siswa. Media tangga pertsnyaan dikemas kedalam bentuk yang menarik sehingga siswa akan tertarik untuk berkomunikasi menggunakan Bahasa Jerman dan hal ini akan mempengaruhi hasil belajar siswa. Media pembelajaran tangga pertanyaan ini belum pernah diterapkan atau digunakan sebelumnya dalam proses pembelajaran di kelas XI Bahasa MAN 2 Bojonegoro.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Bagaimana hasil belajar siswa dalam keterampilan berbicara menggunakan media tangga pertanyaan pada kelas XI Bahasa MAN 2 Bojonegoro.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa dalam keterampilan berbicara dengan menggunakan media tangga pertanyaan pada kelas XI Bahasa MAN 2 Bojonegoro.

Penelitian ini adalah penelitian lapangan dan dilakukan selama 4 kali pertemuan. Instumen penelitiannya adalah tes dan latihan, dan data penelitian berupa hasil belajar siswa. Data yang terkumpul dianalisis sesuai dengan rubrik penilaian lalu dideskripsikan. Jumlah siswa dalam penelitian ini adalah 25 siswa. Selama 4 kali pertemuan dalam 2 kali pertemuan siswa diberikan pembelajaran dengan menggunakan media tangga pertanyaan.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah dilihat dari hasil belajar siswa yang diperoleh dari pertemuan ketiga dan keempat, media tangga pertanyaan cukup efektif digunakan dalam pembelajaran keterampilan berbicara Bahasa Jerman pada siswa kelas XI Bahasa MAN 2. Dilihat dari aspek keaktifan dan kriteria Lexik pada rubrik penilaian, media ini cukup berhasil. Karena saat pembelajaran berlangsung yang pada awalnya siswa kurang aktif dan sedikit antusias menjadi aktif bertanya dan antusias pada saat pembelajaran berlangsung. Serta perkembangan keruntutan bercerita siswa dari setiap pertemuan dapat dikatakan baik. Interaksi siswa dengan guru dan interaksi antar siswa sangat baik dibandingkan dengan tanpa menggunakan media tangga pertanyaan

Published
2015-10-30
How to Cite
RACHMANDA NURLITASARI, D. (2015). Hasil Belajar Keterampilan Berbicara Siswa MAN 2 Bojonegoro dengan Menggunakan Media Tsngga Pertanyaan. LATERNE, 4(3). https://doi.org/10.26740/lat.v4n3.p%p
Abstract Views: 23
PDF Downloads: 31