CD PEMBELAJARAN BERBASIS CAI DRILLS SEBAGAI BAHAN AJAR TAMBAHAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN TEMA KEHIDUPAN SEKOLAH

  • MAHARDHIKA VERONICA PUTRI

Abstract

Kata Kunci : CD Pembelajaran, Keterampilan Membaca Pemahaman                              

Keterampilan membaca adalah salah satu keterampilan berbahasa yang perlu dikuasai oleh siswa di sekolah. Hal ini diberlakukan juga untuk bahasa Jerman. Berdasarkan kenyataan, siswa SMKN 2 Buduran Sidoarjo mengalami kesulitan membaca, terutama membaca pemahaman. Ini dimungkinkan karena dampak dari penerapan kurikulum 2013 yang memotong jam pelajaran bahasa Jerman dan kurangnya bahan ajar untuk siswa. Oleh sebab itu, siswa merasa sulit memahami teks dan kurang berminat dalam bahasa Jerman. Dari masalah tersebutlah penelitian ini dilakukan.

Rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimanakah pengembangan CD pembelajaran berbasis CAI sebagai bahan ajar tambahan keterampilan membaca pemahaman bahasa Jerman  dengan tema kehidupan sekolah ?”. Sedangkan tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan pengembangan  CD pembelajaran berbasis CAI sebagai  bahan ajar tambahan keterampilan membaca pemahaman bahasa Jerman dengan tema kehidupan sekolah sehingga diharapkan penelitian ini dapat bermanfaat untuk guru bahasa Jerman sebagai alternatif bahan ajar dalam melatih keterampilan membaca pemahaman siswa. Penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dalam pengumpulan datanya, sedangkan  pada teknik analisis data digunakan analisis materi (teks-teks dan soal latihan) CD pembelajaran berdasar pada teori kriteria pemilihan teks dan jenis-jenis soal latihan milik Burhan Nurgiyantoro (1988).

Hasil penelitian ini berupa CD pembelajaran bahasa Jerman berbasis CAI dalam format drills dengan tema kehidupan sekolah yang disesuaikan dengan kurikulum 2013. Hasil validasi dari ahli bahan ajar dan ahli materi menjelaskan bahwa CD pembelajaran ini layak untuk dijadikan sebagai bahan ajar tambahan keterampilan membaca pemahaman tema kehidupan sekolah dengan prosentase sebesar 73,5% (ahli bahan ajar) dan 91% (ahli materi).

Published
2015-10-30
How to Cite
VERONICA PUTRI, M. (2015). CD PEMBELAJARAN BERBASIS CAI DRILLS SEBAGAI BAHAN AJAR TAMBAHAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN TEMA KEHIDUPAN SEKOLAH. LATERNE, 4(3). https://doi.org/10.26740/lat.v4n3.p%p
Abstract Views: 26
PDF Downloads: 31