KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN DENGAN METODE PARTISIPATORI KELAS XII P1 SMAN 1 KRIAN

  • SINTESA DINDA RJ

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini yaitu siswa kurang aktif dalam kegiatan belajar mengajar bahasa Jerman dan juga sulit untuk mengingat kembali materi yang sudah diajarkan sehingga dalam penelitian ini dikaji tentang penerapan metode partisipatori untuk keterampilan menulis bahasa Jerman siswa. Dengan menulis siswa akan melatih daya ingat tentang materi yang pernah diajarkan. Metode partisipatori dipilih dengan harapan untuk menjadikan kegiatan belajar mengajar bahasa Jerman lebih diminati dan tidak membosankan. Masalah dalam penelitian ini yaitu: Bagaimana penerapan metode partisipatori pada keterampilan menulis bahasa Jerman kelas XI IPA1 SMAN 1 KRIAN.

Menulis adalah kemampuan yang kompleks, yang hanya dapat dipelajari dengan latihan-latihan yang tertentu dan sistematis, sedangkan partisipatori merupakan metode pembelajaran yang menekankan keterlibatan siswa secara penuh(Suyatno, 2005:36)

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan hasil observasi aktifitas kegiatan siswa selama kegiatan belajar berlangsung dan nilai hasil tugas. Pengumpulan data dilakukan selama tiga kali pertemuan pada tanggal 22 April hingga 06 Mei 2014. Hasil penelitian: penerapan metode partisipatori pada keterampilan menulis bahasa Jerman dengan media gambar kelas XI IPA1 SMAN 1 KRIAN pada awalnya memiliki kendala kurangnya antusias siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar Bahasa Jerman, namun setelah metode partisipatori digunakan dalam kegiatan belajar mengajar, sedikit demi sekit siswa mulai terbuka mengungkapkan pendapat, bertukar pikiran dan juga bermain sambil belajar. Keterampilan menulis siswa juga meningakat seiring dengan meningkatnya keaktifan siswa selama proses belajar mengajar berlangsung. Keaftifan siswa meningkat sebesar 20%.

Published
2015-10-30
How to Cite
DINDA RJ, S. (2015). KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN DENGAN METODE PARTISIPATORI KELAS XII P1 SMAN 1 KRIAN. LATERNE, 4(3). https://doi.org/10.26740/lat.v4n3.p%p
Abstract Views: 27
PDF Downloads: 33