BUKU PINGPONG NEU 1 LEHRBUCH DITINJAU DARI KOSAKATANYA

  • ADITYA EKO PRASETYO

Abstract

Dalam pembelajaan bahasa asing, peran sumber bahan ajar tidak dapat diabaikan. Pasalnya, suatu materi dapat tersampaikan dengan baik apabila didukung oleh sumber bahan ajarnya, yang salah satunya ialah buku ajar seperti buku Pingpong Neu 1 Lehrbuch yang sebagai sumber data penelitian ini dan merupakan salah satu buku pelajaran bahasa Jerman untuk pembelajar remaja, yang dapat disetarakan dengan siswa-siswi SMA di Indonesia.Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah, apakah buku Pingpong Neu 1 Lehrbuch dapat digunakan sebagai bahan ajar di sekolah menengah atas ditinjau daris egi kosakatanya. Dalam penelitian ini dianalisis apa saja jenis kosakata yang muncul pada bab I (So sind wir) dan bab II (Das sind wir) dalam buku Pingpong Neu 1 Lehrbuch, penyajian kosakata tersebut dalam buku tersebut, serta kesesuaian kosakata tersebut dengan bagian ‘Materi Pokok’ silabus bahasa Jerman SMA kelas X program peminatan dan lintas minat non-Bahasa berdasarkan kurikulum 2013. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui kelayakan buku Pingpong Neu 1 Lehrbuch sebagau bahan ajar bahasa Jerman di SMA ditinjau dari segi kosakatanya, yakni ditinjau darisegi penyajian kosakatanya dan kesesuaian kosakata bab I dan bab II dengan bagian ‘Materi Pokok’ pada silabus bahasa Jeran SMA kelas X tersebut.Teori-teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah teori-teori jenis-jenis penyajian kosakata pada buku ajar oleh Hermann Funk serta teori-teori kriteria-kriteria yang mendukung penyajian kosakata tersebut oleh Bernd-Dietrich Müller dalam Zur Analyse, Begutachtung, und Entwicklung von Lehrwerken für den fremdsprachlichen Deutschunterricht oleh Bernd Kast (1998), serta teori jenis-jenis kata oleh Drs. Mansur Muslich dalam Garis-Garis Besar Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia (1990).Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Instrumen penelitian ini ialah kosakata bab I dan bab II buku Pingpong Neu 1 Lehrbuch yang didapat pada daftar kosakata yang berada pada setiap halaman Lernwortschatz yang terdapat pada akhir bab I dan II serta bagian materi pokok silabus bahasa Jerman SMA kelas X program peminatan dan lintas minat non-Bahasa berdasarkan kurikulum 2013. Kosakata dari buku Pingpong Neu 1 Lehrbuch dilihat, diteliti terlebih dahulu penyajiannya dalam bab dan II berdasarkan jenis-jenis penyajian dan krietria-kriteria penyajian oleh Berd Kast, kemudian disesuaikan dengan bagian materi pokok silabus bahasa Jerman kurikulum 2013 SMA kelas X program peminatan dan lintas minat non-Bahasa, yakni apakah kosakata bab I dan II Pingpong Neu 1 Lehrbuch pada daftar kosakata memenuhi kriteria kosakata yang disajikan pada bagian materi pokok silabus tersebut.Hasil penelitian menunjukkan, buku Pingpong Neu 1 Lehrbuch yang ditinjau dari segi penyajian kosakatanya bisa dijadikan bahan ajar untuk pembelajaran bahasa Jerman sebab telah memenuhi enam bentuk penyajian kosakata pada buku ajar oleh Hermann Funk yang telah disebutkan sebelumnya, dari segi kesesuaiannya dengan bagian materi pokok pada silabus bahasa Jerman kurikulum 2013 kelas X untuk sekolah menengah atas program peminatan dan lintas minat non-Bahasa, dapat pula digunakan bahan ajar bahasa Jerman untuk kelas X program peminatan dan lintas minat non-Bahasa sekolah menengah atas yang menggunakan kurikulum 2013, meskipun pada bab I dan II sebagai fokus penelitian tidak terdapat bagian-bagian materi yang membahas Hobby, Beruf, dan Alphabet, yang menjadi bagian materi pokok pada silabus bahasa Jerman kurikulum 2013 kelas X untuk sekolah menengah atas program peminatan dan lintas minat non-Bahasa, namun sebagian besar kriteria kosakata pada bagian materi pokok tersebut ada pada bab I dan bab I.

Published
2015-10-30
How to Cite
EKO PRASETYO, A. (2015). BUKU PINGPONG NEU 1 LEHRBUCH DITINJAU DARI KOSAKATANYA. LATERNE, 4(3). https://doi.org/10.26740/lat.v4n3.p%p
Abstract Views: 24
PDF Downloads: 32