HASIL BELAJAR KETERAMPILAN MENULIS MELALUI METODE AKTIF-REFLEKTIF SISWA KELAS X MIA B1 SMAN 1 TAMAN

  • FRANSISKA SANTI TOBIN

Abstract

Kata kunci : Metode Aktif-Reflektif,Keterampilan Menulis.

 

Dalam pembelajaran bahasa Jerman,siswa harus menguasai empat keterampilan yaitu,mendengarkan,berbicara,membaca dan menulis. Menulis merupakan salah satu kompetensi yang harus di kuasai siswa. Siswa kelas X Mia B1 SMAN 1 Taman Sidoarjo masih mengalami kesulitan dalam menulis atau menceritakan pengalamanya melalui sebuah karangan dalam bahasa Jerman. Oleh karena itu di coba di terapkan metode pembelajaran Aktif-Reflektif untuk membantu keterampilan menulis bahasa Jerman bagi siswa. Metode pembelajaran Aktif-Reflektif merupakan salah satu alternatife pembelajaran yang mampu membuat siswa untuk berpikir aktif. Dengan metode tersebut siswa dapat menceritakan ide maupun pengalamanya secara tertulis dengan menggunakan kalimat yang sederhana,dengan aktif memunculkan ide-ide kreatif dan meningkatkan kosakata.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “ bagaimanakah hasil dari penggunaan metode pembelajaran Aktif-Reflektif dalam keterampilan menulis bahasa Jerma?”. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan menulis siswa dengan menggunakan metode pembelajaran Aktif-Reflektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif,sehingga akan di dapatkan hasil belajar dengan menggunakan metode pembelajaran Aktif-Reflektif dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman pada siswa kelas X Mia B1 SMAN 1 Taman. Instrument dalam penelitian ini berupa tes.

Data yang di dapatkan dalam penelitian ini adalah hasil tes menulis deskriptif siswa dengan menggunakan metode pembelajaran Aktif-Reflektif . pengambilan data ini dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai siswa cukup baik. Hal itu di tunjukan dari rata-rata hasil belajar siswa pada tes pertemuan ketiga yaitu 82,3.

Published
2015-10-30
How to Cite
SANTI TOBIN, F. (2015). HASIL BELAJAR KETERAMPILAN MENULIS MELALUI METODE AKTIF-REFLEKTIF SISWA KELAS X MIA B1 SMAN 1 TAMAN. LATERNE, 4(3). https://doi.org/10.26740/lat.v4n3.p%p
Abstract Views: 42
PDF Downloads: 33