KESESUAIAN BUKU FIT FÜRS GOETHE ZERTIFIKAT A1 START DEUTSCH 1 SEBAGAI LATIHAN MENULIS DENGAN KURIKULUM 2013

  • ADISTIAN PRAHARDINI

Abstract

Kata Kunci: Latihan menulis, Kurikulum 2013

Kegiatan pembelajaran tidak lepas dari yang namanya latihan. Latihan dimaksudkan untuk mengukur sejauh mana pembelajar menguasai materi. Menulis adalah salah satu dari keterampilan berbahasa yang membutuhkan banyak latihan. Buku ajar Fit furs Goethe-Zertifikat A1 Start Deutsch 1 mempunyai tujuan tersebut, yang didalamnya terdapat latihan-latihan untuk keterampilan menulis. Sedangkan kurikulum sendiri merupakan peran utama dalam upaya mencapai tujuan pendidikan, karena seluruh kegiatan pendidikan mengacu pada kurikulum. Kurikulum 2013 sudah resmi diberlakukan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Terkait dengan pemberlakuan kurikulum baru tersebut, maka pembelajaran bahasa asing Jerman harus dirancang untuk memenuhi tuntutan pembelajaran bahasa yang menggunakan pendekatan komunikatif. Maka dengan ini,  rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah kesesuaian buku Fit fürs Goethe Zertifikat A1 Start Deutsch 1 sebagai latihan menulis dengan kurikulum 2013 Kelas XII? Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kesesuaian buku Fit fürs Goethe Zertifikat A1 Start Deutsch 1 sebagai latihan dengan kurikulum 2013 kelas XII.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif karena mendeskripsikan kesesuaian latihan dengan kurikulum 2013. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian kepustakaan, karena menghimpun data dan informasi dari berbagai sumber yang berkaitan dengan analisis bahan ajar. Teori yang diperoleh digunakan untuk membuat rubrik kriteria soal, yang digunakan  untuk menganalisis data. Hasil penelitian ini berupa deskripsi lengkap mengenai latihan yang memuat tema Freizeit/Hobby dan Reise. Ini didasarkan pada kurikulum 2013 untuk SMA kelas XII.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 14 latihan yang dianalisis semuanya layak digunakan. Karena ke 14 latihan itu telah memenuhi rubrik kriteria soal. 

Published
2016-02-03
How to Cite
PRAHARDINI, A. (2016). KESESUAIAN BUKU FIT FÜRS GOETHE ZERTIFIKAT A1 START DEUTSCH 1 SEBAGAI LATIHAN MENULIS DENGAN KURIKULUM 2013. LATERNE, 5(1). https://doi.org/10.26740/lat.v5n1.p%p
Abstract Views: 31
PDF Downloads: 81