STELLT EIN ARBEITSBLATT FÜR DIE LESE- UND SCHREIBFERTIGKEIT SMA KLASSE X IM ERSTEN SEMESTER AUF, DIE KURIKULUM 2013 GELEGEN IST

  • IFFATUL LAILIYAH

Abstract

Keterampilan membaca dan menulis merupakan keterampilan yang tidak mudah dan harus dikuasai siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah Lembar Kerja Siswa (LKS) bahasa Jerman untuk keterampilan membaca dan menulis siswa SMA kelas X semester 1 yang berbasis kurikulum 2013”. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan LKS bahasa Jerman yang berbasis kurikulum 2013. Penelitian ini dilakukan karena Lembar Kerja Siswa (LKS) merupakan salah satu bahan ajar yang dibutuhkan siswa untuk melatih kemampuan siswa sekaligus mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan teori pengembangan LKS yang dikemukakan oleh Prastowo. LKS yang dikembangkan divalidasi oleh 2 dosen dan 1 guru bahasa Jerman SMA. Penelitian ini menghasilkan sebuah Lembar Kerja Siswa untuk keterampilan membaca dan menulis bahasa Jerman untuk SMA siswa kelas X semester 1 yang sesuai dengan kriteria bahan ajar dan Kurikulum 2013 dengan tema Kennen lernen yang terdiri dari 2 lektion. Lektion 1 berisi sub tema Begrüβung, Alphabet und sich vorstellen. Lektion 2 berisi sub tema andere vorstellen und Zahlen. Dalam kedua lektion tersebut, berisi latihan soal yang berbeda-beda yang disesuaikan dengan materi pembelajaran masing-masing sub tema. Kata kunci : Bahan ajar, LKS, keterampilan membaca dan menulis.
Published
2016-04-26
How to Cite
LAILIYAH, I. (2016). STELLT EIN ARBEITSBLATT FÜR DIE LESE- UND SCHREIBFERTIGKEIT SMA KLASSE X IM ERSTEN SEMESTER AUF, DIE KURIKULUM 2013 GELEGEN IST. LATERNE, 5(2). https://doi.org/10.26740/lat.v5n2.p%p
Abstract Views: 21
PDF Downloads: 31