ANALISIS LATIHAN BUKU AJAR DEUTSCH IST EINFACH 2A UNTUK SMA KELAS XI SEMESTER 1

  • CICIN RETNO PALUPI

Abstract

Dalam sebuah proses pembelajaran Bahasa Jerman diperlukan buku ajar, karena menurut Bacon (Tarigan, 1986:11) buku teks atau buku ajar adalah buku yang dirancang untuk digunakan di kelas, dengan cermat disusun dan disiapkan oleh para pakar atau para ahli dalam bidang itu dan diperlengkapi dengan sarana-sarana pengajaran yang sesuai dan serasi. Buku ajar Deutsch ist einfach 2A dibuat  dengan tujuan untuk membantu siswa melatih keterampilan membaca dan menulis Bahasa Jerman. Namun sebelum menjadikan buku ini sebagai bahan latihan tambahan, perlu dilakukan analisis agar dapat diketahui apakah buku ini sesuai dengan materi pembelajaran Bahasa Jerman untuk kelas XI semester gasal yang mempelajari tema kehidupan keluarga (die Familie). Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: Bagaimanakah analisis konten pada latihan buku ajar Deutsch ist Einfach 2A?.

Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode teori pengelompokkan jenis-jenis keterampilan membaca  yang dirumuskan oleh Doye dan jenis-jenis keterampilan menulis yang dirumuskan oleh Bern Kast. Sumber data diperoleh dari buku ajar Deutsch ist Einfach 2A milik Kasim. Penelitian ini juga menggunakan teori kurikulum 2013.

                   Analisis data pada penelitian ini untuk keterampilan membaca menghasilkan: 1) 1 latihan Bild und Schriftliche Äußerungen dazu, 2) 1 latihan Schriftlicher Text und Tabelle dazu, 3) 3 latihan Einleitender Satz oder Satzteil mit mehreren Erganzungen dazu, 4) 2 latihan Einleitender Satz oder Satzteil mit mehreren Erganzungen zur Auswahl, 5) 4 latihan Schriftlicher Text, 6) 1 latihan Schriftlicher Text und Bilder, 7) 1 latihan Schriftlicher Text und Schriftliche Äußerungen, dan 8) 1 latihan Fragen und Antworten. Untuk keterampilan menulis, analisis data menghasilkan: 1) 1 latihan Vorbereitende Übungen : Worter in Ideenetze, 2) 3 latihan Aufbauende Übungen : Worter werden Sӓtze, werden Texte, 3) 3 latihan Rechtschreibung und Zeichensetzung, 4) 1 latihan Personalbeschreibung, 5) 3 latihan Textergӓnzungen dan 6) 1 latihan Strukturiende Übungen. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebanyak 14 latihan membaca dan menulis pada buku ajar Deutsch ist Einfach 2A sesuai dengan materi pembelajaran die Familie yang ada di Kurikulum 2013.

 

Kata Kunci : buku ajar, keterampilan membaca, keterampilan menulis

Published
2017-01-05
How to Cite
RETNO PALUPI, C. (2017). ANALISIS LATIHAN BUKU AJAR DEUTSCH IST EINFACH 2A UNTUK SMA KELAS XI SEMESTER 1. LATERNE, 6(1). https://doi.org/10.26740/lat.v6n1.p%p
Abstract Views: 28
PDF Downloads: 101