IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TWO STAY TWO STRAY PADA KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN SEDERHANA BAHASA JERMAN KELAS XI SMAN 11 SURABAYA

  • TRI ARDIYANTO

Abstract

Pembelajaran Bahasa Jerman memiliki 2 sifat, yaitu reseptif dan produktif. Kemampuan reseptif terdapat pada ketrampilan menyimak dan membaca, sedangkan kemampuan produktif terdapat pada ketrampilan berbicara dan menulis. Kemampuan produktif pada ketrampilan menulis siswa kelas XI IPS 3 SMAN 11 Surabaya sering kali menjadi penghambat bagi siswa untuk berpikir secara kreatif dalam menuangkan ide untuk menulis. Oleh karena itu, diperlukan proses pembelajaran kreatif, inovatif dan kooperatif bagi untuk membantu pembelajaran menulis karangan sederhana dalam Bahasa Jerman. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan metode kooperatif Two Stay Two Stray. Metode inidapatmembantu siswa dalam menulis karangan sederhana. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Bagaimana proses penerapanmetode pembelajaran kooperatif Tipe Two Stay Two Stray dalam ketrampilan menulis Bahasa Jerman siswa kelas XI SMAN 11 Surabaya ?” Tujuan penelitian adalah “Untuk mengetahui proses penerapan metode kooperatif Two Stay Two Stray. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan sumber data yang diperoleh dari siswa-siswi kelas XI SMAN 11 Surabaya. Hasil observasi penelitian menunjukkan bahwa siswa semakin aktif selama proses pembelajaran berlangsung dengan hasil akhir nilai 85,7%. Sehingga dapat disimpulkan bahwametode Two Stay Two Stray dapat digunakan untuk pembelajaran bahasa Jerman.

Kata Kunci : Ketrampilan Menulis, Karangan Sederhana, Metode Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray.

Published
2017-01-05
How to Cite
ARDIYANTO, T. (2017). IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TWO STAY TWO STRAY PADA KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN SEDERHANA BAHASA JERMAN KELAS XI SMAN 11 SURABAYA. LATERNE, 6(1). https://doi.org/10.26740/lat.v6n1.p%p
Abstract Views: 31
PDF Downloads: 56