PENERAPAN  TEKNIK BERKIRIM SALAM DAN SOAL UNTUK KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JERMAN SISWA KELAS XI MIPA I SMAN 3 SIDOARJO

  • MARIA MERSIANA SUJU P.

Abstract

Kata Kunci   : Teknik Berkirim Salam dan Soal, Keterampilan Berbicara, siswa kelas XI MIPA 1 SMAN 3 Sidoarjo.

         Keterampilan berbicara adalah keterampilan yang terpenting dalam pembelajaran suatu bahasa. Untuk menguasai keterampilan berbicara ini guru membutuhkan teknik alternativ yaitu Teknik Berkirim Salam dan Soal. Teknik berkirim salam dan soal merupakan salah satu teknik dalam pembelajaran kooperatif. Dengan teknik ini siswa bisa melatih keterampilan berbicara mereka.

         Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “ Bagaimana penerapan Teknik Berkirim Salam dan Soal untuk Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman Siswa Kelas XI MIPA I sman 3 Sidoarjo?.” Tujuan penelitian ini adalah “ Untuk mengetahui bagaimana penerapan teknik berkirim salam dan soal untuk keterampilan berbicara siswa kelas XI MIPA SMAN 3 Sidoarjo. Jenis Penelitian ini adalah deskripstif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket terhadap hasil kerja siswa.

         Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa tidak takut berbicara dalam bahasa Jerman.Hasil observasi aktivitas siswa meningkat pada setiap pertemuan dengan presentas 65,6% pada pertemuan pertama, 46,9% pada pertemuan kedua,65,6% pada pertemuan ketiga dan 75% pada pertemuan keempat.. Sehingga dapat diketahui bahwa frekuensi aktivitas siswa yang muncul pada setiap pertemuan mengalami peningkatan. Pendapat para siswa tentang penerapan Teknik Berkirim Salam dan Soal juga positif dan menyenangkan, ditunjang dengan hasil tes berbicara memuaskan dan menunjang hasil angket.

Published
2017-01-05
How to Cite
MERSIANA SUJU P., M. (2017). PENERAPAN  TEKNIK BERKIRIM SALAM DAN SOAL UNTUK KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JERMAN SISWA KELAS XI MIPA I SMAN 3 SIDOARJO. LATERNE, 6(1). https://doi.org/10.26740/lat.v6n1.p%p
Abstract Views: 32
PDF Downloads: 63