HASIL BELAJAR SISWA MAN BANGKALAN KELAS XI SEMESTER 1 UNTUK KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN DENGAN METODE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD)

  • ROHMATUL UMMAH
  • BENNY HERAWANTO SOESETYO

Abstract

Abstrak

Keterampilan menulis merupakan salah satu jenis keterampilan yang dipelajari siswa SMA. Keterampilan menulis dianggap sebagai keterampilan yang sulit. Bahasa Jerman sebagai bahasa asing memiliki struktur penulisan yang berbeda dibandingkan dengan bahasa yang lain, yang menyebabkan menulis bukanlah suatu yang mudah, karena untuk bisa menulis dengan baik, dibutuhkan penguasaan kosa-kata, tata bahasa, dan aturan dalam penulisan. Oleh karena itu, pendidik harus menggunakan pembelajaran inovatif dalam mencapai tujuan pembelajaran. Supaya peserta didik dapat menerima materi pembelajaran dengan maksimal. Metode Student Teams Achievement Division (STAD) adalah salah satu metode dalam pembelajaran kooperatif yang dalam satu kelompok beranggotakan 4-5 orang secara heterogen. Diawali dengan penyampaian tujuan pembelajaran, penyampaian materi, kegiatan kelompok, kuis, dan penghargaan kelompok. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah hasil belajar siswa MAN Bangkalan kelas XI semester 1 untuk keterampilan menulis bahasa Jerman dengan metode Student Team Achievement Division (STAD). Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa MAN Bangkalan kelas XI semester 1 untuk keterampilan menulis bahasa Jerman dengan metode Student Team Achievement Division (STAD). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang diuraikan secara deskriptif.. Data dari penelitian ini adalah hasil belajar siswa MAN Bangkalan kelas XI semester 1 untuk keterampilan menulis bahasa Jerman dengan metode Student Team Achievement Division (STAD), yang kemudian dideskripsikan dan disimpulkan. Hasil belajar peserta didik menunjukkan peningkatan pada setiap pertemuan. Pada pertemuan pertama tanpa menggunakan metode STAD, 2 peserta didik mendapatkan predikat kurang, 4 peserta didik mendapatkan predikat cukup, 12 peserta didik mendapatkan predikat baik, dan 3 peserta didik mendapatkan predikat sangat baik. Pada pertemuan kedua dengan menggunakan metode STAD , terdapat 3 peserta didik yang mendapat predikat baik, dan 18 peserta didik mendapatkan predikat sangat baik. Pada pertemuan ketiga hanya 1 peserta didik yang mendapatkan predikat baik, 20 peserta didik mendapatkan predikat sangat baik. Berdasarkan peningkatan nilai yang diperoleh peserta didik, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran keterampilan menulis dengan metode STAD ini berhasil dan dapat membantu peserta didik untuk mengatasi kesulitan dalam keterampilan menulis bahasa Jerman.

Kata Kunci: keterampilan menulis, metode Student Teams Achievement Division (STAD), hasil belajar

Published
2018-07-25
How to Cite
UMMAH, R., & HERAWANTO SOESETYO, B. (2018). HASIL BELAJAR SISWA MAN BANGKALAN KELAS XI SEMESTER 1 UNTUK KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN DENGAN METODE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD). LATERNE, 7(2). https://doi.org/10.26740/lat.v7n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 51
PDF Downloads: 29