PENERAPAN MEDIA PUZZLE KATA UNTUK KETERAMPILAN BERBICARA KELAS X SMAN 2 JOMBANG

  • DYAH AYU WULANDARI
  • BENNY HERAWANTO SOESETYO

Abstract

Kemampuan berbicara adalah kemampuan mengucapkan kalimat-kalimat untuk mengekspresikan, menyatakan, menyampaikan pikiran, gagasan dan perasaan. Apabila penyusunan kata dan pengucapan tidak sesuai, maka informasi yang diterima oleh pendengarpun akan dapat menimbulkan kesalahpahaman. Oleh karena itu, berbicara adalah keterampilan dasar untuk berkomunikasi. Selama kegiatan berbicara sering ditemui berbagai hambatan. Setelah berdiskusi dengan guru bahasa Jerman SMAN 2 Jombang, diketahui bahwa hambatan yang dialami oleh peserta didik kurangnya pemahaman kata kerja dan subyek sebagai bahan berbicara. Oleh sebab itu, peneliti tertarik untuk mengujicobakan media pembelajaran yang diharapkan mampu menjawab permasalahan berbicara di kelas tersebut. Data penelitian berupa hasil tes berbicara yang dilakukan sebanyak dua kali. Data yang diperoleh kemudian dibandingkan dan dianalisis dengan angket respon yang diisi oleh peserta didik untuk kemudian ditarik kesimpulan. Berdasarkan hasil tes tersebut, sebanyak 56% peserta didik mengalami peningkatan nilai dan 44% tidak mengalami perubahan. Oleh karena itu, puzzle kata dapat dipergunakan sebagai media pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman.

Kata Kunci: Respon Belajar, Media Pembelajaran, Puzzle Kata, Keterampilan Berbicara

Published
2018-07-26
How to Cite
AYU WULANDARI, D., & HERAWANTO SOESETYO, B. (2018). PENERAPAN MEDIA PUZZLE KATA UNTUK KETERAMPILAN BERBICARA KELAS X SMAN 2 JOMBANG. LATERNE, 7(2). https://doi.org/10.26740/lat.v7n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 62
PDF Downloads: 44