MEDIA PERMAINAN MONOPOLI UNTUK PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA JERMAN
Abstract
ABSTRAK
Penguasaan kosakata memiliki peranan penting pada pembelajaran bahasa. Karena semakin banyak kosakata yang dikuasai semakin terampil siswa dalam memproduksi kalimat suatu bahasa. Pada proses pembelajarannya diperlukan media pembelajaran yang efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran. Media papan permainan monopoli menjadi salah satu alternativ yang dapat digunakan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: Apakah media papan permainan monopoli layak digunakan untuk pembelajaran kosakata bahasa jerman? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kelayakan media papan permainan monopoli untuk pembelajaran kosakata bahasa Jerman.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembuatan dan kelayakan media papan permainan monopoli. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskripsi dengan teknik analisis data yang dikemukakan oleh oleh Miles dan Hauberman.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini berupa produk papan permainan monopoli. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa media papan permainan monopoli sesuai dengan prinsip-prinsip media grafis, karakteristik media permaianan dan kriteria pemilihan gambar untuk media grafis.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Permainan Monopoli, Kosakata
![](https://journal.unesa.ac.id/public/site/grafik.png)
![](https://journal.unesa.ac.id/public/site/pdf.png)