Penerapan Metode Estafet Writing Untuk Keterampilan Menulis Bahasa Jerman Peserta Didik Kelas XI Semester I SMAN 3 Sidoarjo

  • ALGA FEBRI TAHTA DITIYAH
  • FAHMI WAHYUNINGSIH

Abstract

Pada pembelajaran bahasa Jerman peserta didik harus memiliki keterampilan menulis. Keterampilan menulis ini dipengaruhi oleh beberapa faktor contohnya kosakata, tata bahasa. Oleh karena itu pendidik membutuhkan metode yang bisa membuat pembelajaran lebih menarik. Metode yang tepat adalah Estafet Writing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan langkah-langkah metode pembelajaran Estafet Writing untuk keterampilan menulis bahasa Jerman. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang diuraikan secara deskriptif untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan metode Estafet Writing pada keterampilan menulis. Data dikumpulkan melalui langkah-langkah penerapan metode Estafet Writing untuk keterampilan menulis. Data yang terkumpul kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai menulis berantai (Estafet Writing) yang diperoleh peserta didik kelas XI SMAN 3 Sidoarjo dalam pembelajaran menulis bahasa Jerman mengalami peningkatan setelah penerapan metode Estafet Writing.

Kata Kunci: Metode Pembelajaran Estafet Writing, Keterampilan Menulis

Published
2019-01-17
How to Cite
FEBRI TAHTA DITIYAH, A., & WAHYUNINGSIH, F. (2019). Penerapan Metode Estafet Writing Untuk Keterampilan Menulis Bahasa Jerman Peserta Didik Kelas XI Semester I SMAN 3 Sidoarjo. LATERNE, 8(1). https://doi.org/10.26740/lat.v8n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 56
PDF Downloads: 137