EFEKTIVITAS PERMAINAN BINGO DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 GEDANGAN

  • OKTAVIANI ENDRIYATI
  • BENNY HERAWANTO SOESETYO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas permainan Bingo dalam pembelajaran keterampilan berbicara peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Gedangan. Penelitian ini akan menjawab pertanyaan; Bagaimanakah Efektivitas Permainan Bingo dalam pembelajaran keterampilan berbicara peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Gedangan. Pada penelitian akan dijelaskan faktor- faktor yang dapat mempengaruhi efektivitas belajar peserta didik. Serta bagaimana belajar dikatakan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilihat dari hasil angket. Subjek pada penelitian ini merupakan peserta didik kelas X – MIPA 7 SMA Negeri 1 Gedangan, dengan jumlah responden 36 orang. Penelitian dilakukan 3 kali pertemuan. Pada pertemuan pembelajaran bahasa jerman dilakukan tanpa menggunakan permainan bingo. Pada pertemuan kedua pembelajaran bahasa jerman digabungkan dengan permainan bingo. Pada pertemuan terakhir peserta didik diberikan angket. Hasil penelitian ini diperoleh data bahwa permainan Bingo efektif digunakan untuk pembelajaran keterampilan berbicara. Lebih dari 50% dari jumlah responden yang mendukung bahwa permainan dapat digunakan untuk pembelajaran keterampilan berbicara. Hal tersebut dikarenakan permainan bingo yang meyenangkan dan menantang. Sehingga meningkatkan minat, motivasi, dan kecepatan pemahaman peserta didik. Namun permainan bingo juga memiliki kekurangan, yakni jika pendidik mengharapkan peserta didik mencatat hal- hal penting selama pembelajaran, maka permainan bingo tidak dapat digunakan. Hal ini dikarenakan peserta didik yang terlalu fokus pada permainan dibanding dengan pembelajaran.
Published
2019-01-21
How to Cite
ENDRIYATI, O., & HERAWANTO SOESETYO, B. (2019). EFEKTIVITAS PERMAINAN BINGO DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 GEDANGAN. LATERNE, 8(1). https://doi.org/10.26740/lat.v8n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 67
PDF Downloads: 253