KAJIAN KESESUAIAN MATERI AJAR DALAM LAMAN http://www.education.vic.gov.au/LanguagesOnline DENGAN KURIKULUM 2013 UNTUK KETERAMPILAN MENYIMAK BAHASA JERMAN SISWA SMA KELAS X

  • SAMSUL KAMARUDIN
  • SUWARNO IMAM SAMSUL

Abstract

Alat komunikasi yang utama bagi manusia adalah bahasa, dengan bahasa manusia dapat menyampaikan ide, pikiran, dan pesan kepada orang lain, sehingga terjadi komunikasi. Agar komunikasi berjalan dengan baik, diperlukan penguasaan empat keterampilan berbahasa diantaranya keterampilan menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Dari keempat keterampilan itu, keterampilan menyimak merupakan keterampilan berbahasa awal yang harus dikuasai. Schumann (dalam Lange, 1998:192) juga berpendapat “Hörverstehen wird eine zentralle Rolle im Kommunikationsprozeẞ zugeschreiben” artinya keterampilan menyimak menjadi peran sentral dalam proses komunikasi. Peran penting penguasaan keterampilan menyimak juga sangat tampak di lingkungan sekolah, contohnya siswa mempergunakan sebagian waktunya untuk menyimak pelajaran yang disampaikan guru. Keberhasilan siswa dalam memahami serta menguasai pelajaran diawali dengan menyimak. Oleh karena itu, keterampilan menyimak perlu dikuasai dengan baik. Perkembangan teknologi pada era moderen yang semakin canggih, seperti halnya internet yang dapat diakses siapa saja dan kapan saja. Ada banyak manfaat yang diperoleh dari internet untuk memperoleh informasi-informasi yang diperlukan dengan cepat dan mudah, Internet juga merupakan salah satu sumber materi ajar yang dapat diakses untuk menunjang keterampilan menyimak bahasa Jerman. salah satunya adalah laman http://www.education.vic.gov.au/LanguagesOnline. Laman ini merupakan sebuah laman pembelajaran bahasa asing khususnya bahasa Jerman yang memiliki tampilan yang sederhana dan cara penyampaian materinya menarik akan memotivasi sisawa untuk belajar bahasa Jerman. Selain itu, laman ini juga memiliki tampilan gambar, suara, animasi gerak dan lagu-lagu agar siswa bersemangat dalam belajar dan mengerjakan soal yang tersedia. Namun, materi ajar yang ada di dalam laman tersebut belum bisa disebut materi ajar, karena harus disesuaikan dengan materi ajar tingkat SMA dengan kurikulum 2013. Oleh karena itu, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “bagaimana kesesuaian materi ajar dalam materi ajar pada laman http://www.education.vic.gov/languagesonline dengan kurikulum 2013 untuk keterampilan menyimak bahasa Jerman siswa SMA kelas X Semester 1”. Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan penelitian ini adalah “mengetahui kesesuaian materi ajar dalam laman http://www.education.vic.gov.au/languagesonline dengan kurikulum 2013 untuk keterampilan menyimak siswa SMA kelas X Semester 1”. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif sedangakan metode yang digunakan adalah metode penelitian kulitatif. Setelah melakukaan anlisis kajian, maka hasil kajian materi ajar dari penelitian ini adalah materi ajar dari laman http://www.education.vic.gov.au/LanguagesOnline dapat digunakan sebagai materi ajar pembelajaran menyimak bahasa jerman kelas X semester 1. Hal itu dibuktikan dengan kesesuaian kosakata meliputi kata benda (Nomen), kata kerja (Verben), kata sifat (Adjektiv), dengan kesesuaian 47% termasuk kritertia cukup sesuai, ujaran (Redemittel) dengan kesesuaian 70.8% termasuk kriteria sesuai dan tatabahasa dengan kesesuaian 94% termasuk kriteria sangat sesuai. Analisis dilakukan dengan menyesesuikan isi materi dalam laman dengan materi ajar keterampilan menyimak bahasa Jerman kurikulum 2013 kelas X semseter 1.

Kata Kunci : Materi ajar, Laman webiste, keterampilan menyimak

Published
2019-01-23
How to Cite
KAMARUDIN, S., & IMAM SAMSUL, S. (2019). KAJIAN KESESUAIAN MATERI AJAR DALAM LAMAN http://www.education.vic.gov.au/LanguagesOnline DENGAN KURIKULUM 2013 UNTUK KETERAMPILAN MENYIMAK BAHASA JERMAN SISWA SMA KELAS X. LATERNE, 8(1). https://doi.org/10.26740/lat.v8n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 102
PDF Downloads: 106