PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK PEMBELAJARAN KOOPERATIF GALLERY WALK TERHADAP HASIL BELAJAR MENULIS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 GEDANGAN

  • HILDA MAHANISSA MEIFI LITA
  • FAHMI WAHYUNINGSIH

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran bahasa Jerman di SMA Negeri 1 Gedangan, diperoleh beberapa informasi yang berkaitan dengan keterampilan menulis yang didapatkan peserta didik. Ada beberapa faktor, yang menyebabkan kesulitan peserta didik dalam keterampilan menulis yaitu penulisan kosakata, struktur kalimat dan penulisan yang menggunakan huruf besar atau kecil. Hal ini menyebabkan hasil belajar menulis tidak bagus. Penelitian ini dicoba untuk menyelesaikan masalah. Berdasarkan kesulitan tersebut, maka penelitian ini dicoba untuk mengungkapkan pengaruh penggunaan teknik pembelajaran Gallery Walk. Batasan masalah penelitian ini adalah pengaruh teknik pembelajaran kooperatif Gallery Walk terhadap hasil belajar menulis di kelas XI Bahasa SMAN 1 Gedangan. Penelitian ini menggunakan teori dari Silberman. Penelitian ini meupakan penelitian eksperimen. Data penelitin ini adalah hasil menulis dari soal pre-test dan post-test. Populasinya sejumlah 32 peserta didik. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa ada pengaruh untuk hasil belajar menulis karangan deskripsi bahasa Jerman melalui teknik pembelajaran Gallery Walk pada kelas eksperimen. Hal ini bisa dilihat dari nilai t-test = 0,06 < t-tabel (0,05;30)= 2,04 < t-tabel (0,01;30)= 2,75, kemudian dilihat dari nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 41,125 dan kelas kontrol sebesar 40,969, maka teknik pembelajaran Gallery Walk lebih efektif diterapkan di kelas eksperimen, karena nilai rata-rata kelas eksperimen lebih besar.

Kata kunci: Teknik Pembelajaran Kooperatif Gallery Walk, Hasil belajar menulis bahasa Jerman.

Published
2019-03-03
How to Cite
MAHANISSA MEIFI LITA, H., & WAHYUNINGSIH, F. (2019). PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK PEMBELAJARAN KOOPERATIF GALLERY WALK TERHADAP HASIL BELAJAR MENULIS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 GEDANGAN. LATERNE, 8(1). https://doi.org/10.26740/lat.v8n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 61
PDF Downloads: 113