PENGEMBANGAN MEDIA REISEN-DISC UNTUK PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN SMA KELAS XII SEMESTER 2
Abstract
ABSTRAK
PENGEMBANGAN MEDIA REISEN-DISC UNTUK PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN SMA KELAS XII SEMESTER 2
Nama Mahasiswa : Amilatul Ilmi
NIM : 15020094009
Program Studi : Pendidikan Bahasa Jerman
Jurusan : Bahasa dan Sastra Jerman
Fakultas : Bahasa dan Seni
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dwi Imroatu Julaikah, S.Pd., M.Pd.
Tahun : 2019
Berdasarkan pengamatan peneliti, didapatkan bahwa peserta didik mengalami kesulitan dalam menulis karangan bahasa Jerman. Oleh karena itu, dikembangkan media Reisen-Disc untuk pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman SMA. Media Reisen-Disc seperti gambar berseri berbentuk CD yang dapat diputar. Media ini berisi soal latihan untuk pembelajaran keterampilan menulis dengan tema Reisen dan subtema Ferien und Urlaub. Rumusan masalah penelitian ini adalah: bagaimana proses pengembangan media Reisen-Disc. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan media menurut Asyhar, yang terdiri dari (1) analisis kebutuhan; (2) merumuskan tujuan pembelajaran; (3) merumuskan butir-butir materi; (4) menyusun instrumen evaluasi; (5) menyusun naskah/draft media; (6) melakukan validasi ahli. Instrumen yang digunakan adalah angket. Angket diberikan kepada ahli materi dan media untuk validasi. Setelah melakukan validasi didapatkan hasil 93,75% untuk materi dan 93,75% untuk media. Berdasarkan hal tersebut, media ini layak digunakan dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman.
Kata kunci: Media Reisen-Disc, pengembangan, bahasa Jerman![](https://journal.unesa.ac.id/public/site/grafik.png)
![](https://journal.unesa.ac.id/public/site/pdf.png)