MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT UNTUK KETERAMPILAN MENYIMAK BAHASA JERMAN SISWA SMAN 12 SURABAYA KELAS IX SEMESTER 1

  • FIKROTUL ARIZA

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi untuk mengetahui apakah model pembelajaran cooperative script ini cocok bila diterapkan untuk pembelajaran keterampilan menyimak siswa. Peneliti menggunakan subyek penelitian siswa SMAN 12 Surabaya karena bahasa Jerman diajarkan disemua kelas. Bahasa Jerman di SMAN 12 Surabaya merupakan mata pelajaran peminatan yang diajarkan mulai kelas X sampai kelas XII untuk semua jurusan IPA maupun IPS. Namun waktu yang singkat menjadikan kendala dalam pembelajaran bahasa jerman di tingkat SMA maka konsentrasi penuh dalam pembelajaran berkurang. Oleh sebab itu, peneliti tertarik untuk mengujicobakan model pembelajaran yang diharapkan mampu menjawab permasalahan menyimak dikelas tersebut. Dalam pembelajaran inovatif, metode yang sedang dikembangkan saat ini adalah metode kooperatif. Dalam penelitian ini yang menjadi pokok pembahasan adalah: bagaimanakah hasil belajar siswa SMAN 12 Surabaya dalam keterampilan menyimak bahasa jerman dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Script. Adapun data penelitian ini yaitu berupa tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tes peserta didik terhadap keterampilan menyimak bahasa Jerman dengan model pembelajaran cooperative script berjalan dengan baik untuk diterapkan pada keterampilan menyimak bahasa Jerman karena perolehan rata-rata nilai peserta didik diatas KKM. Hal itu dibuktikan dengan meningkatnya rata-rata nilai peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran Cooperative Script. Dengan melihat hasil tes peserta didik dapat disimpulkan bahwa hasil tes menyimak peserta didik dalam keterampilan menyimak bahasa Jerman dengan model pembelajaran Cooperative Script adalah baik. Hal itu dibuktikan dengan didapatkannya hasil tes ke-1 dengan rata-rata 49, pertemuan ke-2 dengan rata-rata 70 dan pertemuan ke-3 dengan nilai rata-rata 91.

Kata kunci : Model pembelajaran Cooperative Script, hasil belajar, keterampilan menyimak.

Published
2019-05-13
How to Cite
ARIZA, F. (2019). MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT UNTUK KETERAMPILAN MENYIMAK BAHASA JERMAN SISWA SMAN 12 SURABAYA KELAS IX SEMESTER 1. LATERNE, 8(1). https://doi.org/10.26740/lat.v8n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 72
PDF Downloads: 80