PENGGUNAAN MEDIA INSTAGRAM UNTUK KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN SMA

  • MENSA IMANUEL RINTJAP
  • ARI PUJOSUSANTO

Abstract

Berdasarkan survey awal yang dilaksanakan di SMAN 1 Kediri, diperoleh informasi bahwa peserta didik memiliki hambatan dalam proses pembelajaran dalam keterampilan menulis bahasa Jerman. Oleh karena itu diperlukan media yang dapat memberikan motivasi pada peserta didik dalam proses pembelajaran serta dapat digunakan saat diluar jam pelajaran. Salah satu media yang tepat untuk digunakan adalah Instagram. Instagram adalah media sosial yang berbasis multimedia yang memiliki jumlah pengguna yang tinggi oleh kalangan remaja seperti peserta didik. Media tersebut memiliki beragam fitur yang mendukung untuk pembelajaran bahasa Jerman secara mandiri. Melalui materi yang diunggah dalam bentuk multimedia, peserta didik dapat fokus dan tertarik pada materi tersebut. Selain itu, Instagram mempermudah kegiatan belajar karena dapat digunakan sebagai sarana berdiskusi. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana respons peserta didik terhadap penggunaan media Instagram untuk pembelajaran menulis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan respons peserta didik terhadap media Instagram untuk pembelajaran menulis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data penelitian ini berupa hasil angket respons peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Instagram untuk pembelajaran menulis bahasa Jerman mendapatkan respons positif dari peserta didik kelas XI, sehingga dapat disimpulkan bahwa media Instagram dapat dijadikan salah satu alternatif media pembelajaran menulis bahasa Jerman.

Kata kunci : Instagram, Media Pembelajaran, Respons.




Published
2019-05-13
How to Cite
IMANUEL RINTJAP, M., & PUJOSUSANTO, A. (2019). PENGGUNAAN MEDIA INSTAGRAM UNTUK KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN SMA. LATERNE, 8(1). https://doi.org/10.26740/lat.v8n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 150
PDF Downloads: 408