AKTIVITAS PESERTA DIDIK DALAM MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE WRITE AROUND UNTUK KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN KELAS XI SMAN 1 GEDANGAN
Abstract
ABSTRAKAKTIVITAS PESERTA DIDIK DALAM MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE WRITE AROUND UNTUK KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN KELAS XI SMAN 1 GEDANGAN
Nama : Ilmala Purwasisti
NIM : 15020094027
Program Studi : S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Jurusan : Bahasa dan Sastra Jerman
Fakultas : Bahasa dan Seni
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dra. Fahmi Wahyuningsih, M.Pd.
Tahun : 2019
Keterampilan menulis dalam Bahasa Asing merupakan keterampilan yang sulit dikuasai dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara diketahui bahwa peserta didik di SMAN 1 Gedangan kesulitan menemukan ide untuk menulis. Hal ini disebabkan karena minimnya penguasaan kosakata. Oleh karena itu, pengajar membutuhkan model pembelajaran inovatif yang bisa membuat pembelajaran lebih menarik. Untuk membantu peserta didik, maka salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan yaitu model pembelajaran Write Around. Model pembelajaran ini diterapkan karena menunut semua peserta didik dalam kelompok menuliskan idenya secara bergiliran untuk membuat sebuah rangkaian kalimat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana aktivitas peserta didik dalam proses penerapan model pembelajaran Write Around untuk keterampilan menulis Bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMAN 1 Gedangan. Data penelitian ini diperoleh melalui hasil analisis lembar angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Write Around telah diterapkan dengan baik sesuai dengan prosedur. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Write Around dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran menulis Bahasa Jerman.
Kata kunci : model pembelajaran Write Around, keterampilan menulis![](https://journal.unesa.ac.id/public/site/grafik.png)
![](https://journal.unesa.ac.id/public/site/pdf.png)