Pengaruh Penggunaan Media Flash Card Terhadap Kemampuan Berbicara Pada Siswa Kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Driyorejo

  • HONESTY DECENCY LIAN
  • ARI PUJOSUSANTO

Abstract

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP

KEMAMPUAN BERBICARA PADA SISWA KELAS XI BAHASA

SMA NEGERI 1 DRIYOREJO

Honesty D.Lian

Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman, Fakultas Bahasa dan Seni

Universitas Negeri Surabaya

hd.lian96@gmail.com

Drs. Ari Pujosusanto, M. Pd

Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman, Fakultas Bahasa dan Seni

Universitas Negeri Surabaya

ABSTRAK

Keterampilan berbicara merupakan salah satu dari empat keterampilan yang harus dikuasai dalam pembelajaran Bahasa Jerman. Demi mencapai suatu tujuan pembelajaran guru harus dapat mengatur lingkungan belajar yang ada. Salah satunya dengan menggunakan media pembelajaran. Media pembelajaran yang dimaksud ialah media Flash Card. Untuk meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Jerman banyak metode pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Dari sekian banyak metode pembelajaran tersebut ditemukanlah metode menggunakan media Flash Card yang mempermudah dan mempercepat pembelajaran. Media Flash Card dipilih karena penggunaan media ini sangat mudah dan praktis sehingga biasa dipelajari setiap saat. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu adakah pengaruh penggunaan media Flash Card terhadap kemampuan berbicara pada siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Driyorejo. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk membuktikan ada tidaknya pengaruh penggunaan media Flash Card terhadap kemampuan berbicara pada siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Driyorejo. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang diuraikan secara kuantitatif. Data penelitian ini berupa data dari media Flash Card yang diperoleh dari hasil pretest dan posttest.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media Flash Card dapat diterapkan dalam pembelajaran keterampilan berbicara Bahasa Jerman siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Driyorejo. Teknik pembelajaran dengan menggunakan media Flash Card memberikan pengaruh pada keterampilan berbicara pada siswa Kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Driyorejo, hal ini dapat dibuktikan dari hasil perhitungan. Berdasarkan Uji normalitas diketahui bahwa uji normalitas terpenuhi baik secara normal maupun visual sehingga dapat dilakukan paired sample t test. Berdasarkan output diperoleh nilai t hitung sebesar -34,014 dengan sig 0,000. Karena nilai sig < a maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak, artinya rata-rata nilai pretest dan posttest berbeda. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media flash card mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan berbicara pada siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Driyorejo.

Hal ini dapat di buktikan dari hasil belajar pretest dan posttest bahwa pertemuan kedua lebih baik dari pertemuan pertama.

Kata kunci: Keterampilan berbicara, media pembelajaran, Flash Card


Published
2019-05-24
How to Cite
DECENCY LIAN, H., & PUJOSUSANTO, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Flash Card Terhadap Kemampuan Berbicara Pada Siswa Kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Driyorejo. LATERNE, 8(1). https://doi.org/10.26740/lat.v8n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 158
PDF Downloads: 198