PENGEMBANGAN MEDIA SCRAPBOOK UNTUK PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN SISWA KELAS XI DI SMA

  • YENY HARDIANTI RAHAYU
  • FAHMI WAHYUNINGSIH

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran bahasa Jerman di SMA Negeri 12 Surabaya, diperoleh beberapa informasi mengenai proses belajar mengajar yang berkaitan dengan keterampilan menulis dan ketersediaan materi pembelajaran. Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab dari lemahnya peserta didik dalam kegiatan proses pembelajaran, yaitu salah satunya kesalahan penulisan huruf besar dan kecil, cara penyusunan strukur kalimat bahasa Jerman, minimnya antusias, kurang ketersediaan media pembelajaran, peserta didik merasa bosan dan jenuh. Sehingga menyebabkan lemahnya keterampilan menulis bahasa Jerman peserta didik. Beberapa media dapat membantu peserta didik dalam meningkatkan keterampilan menulis salah satunya yaitu media Scrapbook. Dalam pengembangan media Scrapbook ini menggunakan model teori Sugiyono (2013:9) yaitu 1) Potensi dan Masalah; 2) Pengumpulan Data; 3) Desain Produk; 4) Validasi Desain; 5) Revisi Desain; 6) Uji Coba Produk; 7) Revisi Produk; 8) Uji Coba Pemakaian; 9) Revisi Produk; dan 10) Produksi masal. Instrumen validasi yang digunakan oleh peneliti adalah angket validasi media dan materi yang diberikan oleh ahli validator, yang kemudian akan menunjukkan hasil akhir alid atau tidaknya dari sebuah rancangan media pembelajaran. Hasil perolehan hasil validasi materi menunjukkan angka persentase sebesar 85%, dan perolehan hasil dari validasi media menunjukkan angka persentase sebanyak 94,66%. berdasarkan hal tersebut, media scrapbook dianggap layak karena telah melampaui batas perolehan minimal sebesar 61%, sehingga media Scrapbook dapat digunakan dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman.

Kata Kunci : media pembelajaran Scrapbook, pengembangan, bahasa Jerman


Published
2019-06-13
How to Cite
HARDIANTI RAHAYU, Y., & WAHYUNINGSIH, F. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA SCRAPBOOK UNTUK PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN SISWA KELAS XI DI SMA. LATERNE, 8(1). https://doi.org/10.26740/lat.v8n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 116
PDF Downloads: 112