HASIL BELAJAR KETERAMPILAN BERBICARA PESERTA DIDIK KELAS X BAHASA SMAN 1 DRIYOREJO MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECK

  • ANNISA EKA LARASSATY
  • DWI IMROATU JULAIKAH

Abstract

Berdasarkan wawancara yang telah dilakukan dengan salah satu peserta didik informasi bahwa peserta didik masih memiliki kesulitan yaitu dalam keterampilan berbicara karena kurangnya praktik. Ada beberapa aspek yang harus dikuasai saat berbahasa Jerman, seperti bagaimana pemilihan suatu kata untuk menyusun kalimat, isi dan kemampuan berdialog, kefasihan dan keterkaitan antar kalimat, ketepatan dalam pelafalan, intonasi. Oleh karena itu dibutuhkan model pembelajaran untuk mengetahui hasil belajar keterampilan berbicara. Model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model pembelajairan Pair Check.. Model pembelajaran ini dapat meningkatkan kerja sama antar siswa, meningkatkan pemahaman atas konsep dan proses pembelajaran, melatih siswa berkomunikasi dengan baik dengan teman sebangkunya (Huda, 2013 : 212). Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu, bagaimana hasil belajar dalam keterampilan berbicara bahasa Jerman peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Pair Check. Tujuan dari penellitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar keterampilan berbicara bahasa Jerman peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Pair Check untuk kelas X semester 2. Data penelitian ini adalah hasil tes keterampilan berbicara secara berdialog peserta didik yang berupa skor nilai. Penelitian dilaksanan sebanyak 3 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik mengalami peningkatan berdasarkan KKM dengan nilai rata-rata pertemuan pertama 70,8, pertemuan kedua 89,3 dan 83,4 pada pertemuan ketigaKata Kunci : Model Pembelajaran Pair Check, Keterampilan Berbicara, Hasil Belajar
Published
2019-06-13
How to Cite
EKA LARASSATY, A., & IMROATU JULAIKAH, D. (2019). HASIL BELAJAR KETERAMPILAN BERBICARA PESERTA DIDIK KELAS X BAHASA SMAN 1 DRIYOREJO MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECK. LATERNE, 8(1). https://doi.org/10.26740/lat.v8n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 43
PDF Downloads: 31