PENERAPAN MEDIA GAMBAR BERSERI UNTUK KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN SEDERHANA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 1 DRIYOREJO

  • MARSELINA TRIFOSA DOMPOR

Abstract

Menulis merupakan melukiskan lambang-lambang grafik yang manggambarkan suatu bahasa. Berdasarkan wawancara dengan seorang guru bahasa Jerman di SMAN 1 Driyorejo didapatkan hasil bahwa pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman masih konvensional dan kurang menarik bagi peserta didik. Oleh karena itu diterapkan media gambar seri untuk keterampilan menulis karangan sederhana bahasa Jerma peserta didik kelas XI SMAN 1 Driyorejo. Media gambar seri adalah gambar cerita yang berturut-turut berdasarkan topik yang terdapat pada gambar. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana penerapan media gambar berseri untuk keterampilan menulis karangan sederhana bahasa Jerman siswa kelas XI SMAN 1 Driyorejo. Tujuan dari penelitian ini merupakan mendeskripsikan proses penerapan media gambar berseri untuk keterampilan menulis karangan sederhana bahasa Jerman siswa kelas XI SMAN 1 Driyorejo. Data dari penelitian ini berupa lembar observasi aktivitas siswa. Penelitian ini dilakukan selama 3 kali pertemuan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media gambar seri bias diterapkan dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman. Pada pertemuan pertama presentase frekuensi aktivitas siswa diperoleh 99%, pada pertemuan kedua diperoleh 100% dan pada pertemuan ketiga diperoleh 100%. Oleh karena itu, media gambar seri dapat dijadikan alternative pada pembelajaran pada pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman.

Kata kunci : keterampilan menulis, media gambar seri, karangan sederhana

Published
2019-07-15
How to Cite
TRIFOSA DOMPOR, M. (2019). PENERAPAN MEDIA GAMBAR BERSERI UNTUK KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN SEDERHANA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 1 DRIYOREJO. LATERNE, 8(1). https://doi.org/10.26740/lat.v8n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 62
PDF Downloads: 129