PENERAPAN METODE SCHNELL FINDEN UNTUK KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN SISWA KELAS XI SMAN 11 SURABAYA
Abstract
PENERAPAN METODE SCHNELL FINDEN UNTUK KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN SISWA KELAS XI SMAN 11 SURABAYA
AYU NOVITASARI
Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jerman, Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Negeri Surabaya
ayunovita448@gmail.com
Dra. Fahmi Wahyuningsih, M.Pd.
Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman, Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Negeri Surabaya
ABSTRAK
Penelitian dengan judul “Penerapan Metode Schnell Finden Untuk Keterampilan Menulis Bahasa Jerman Siswa Kelas XI SMA N 11 Surabaya” ini berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan yaitu kurangnya minat untuk menulis Bahasa Jerman dengan baik dan benar siswa kelas XI SMAN 11 Surabaya. Metode pembelajaran saat ini sudah sangat banyak untuk membantu memudahkan pemahaman dalam pembelajaran bahasa asing. Dalam rumusan masalah penelitian ini adalah “bagaimana penerapan pembelajaran keterampilan menulis menggunakan metode Schnell Finden”. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode Schnell Finden dalam pembelajaran keterampilan menulis Bahasa Jerman siswa kelas XI Sman 11 Surabaya. Terkait dengan tujuan penelitian tersebut penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Hasil yang di peroleh dalam penelitian ini adalah dalam proses penerapan metode Schnell Finden pada pertemuan pertama dan pertemuan kedua. Sumber data dalam penelitian ini yaitu dengan subtema Familie diambil dari buku Lembar Kerja Siswa. Dalam penelitian ini jenis penelitian adalah observasi setelah mengumpulkan data melalui observasi pada saat observasi di dokumentasikan untuk mengetahui langkah-langkah metode tersebut. Dalam penelitian ini metode tersebut di harap mampu membantu keterampilan menulis dalam pembelajaran Bahasa Jerman siswa kelas XI SMA.
Kata Kunci : Metode, Schnell Finden, Keterampilan Menulis
![](https://journal.unesa.ac.id/public/site/grafik.png)
![](https://journal.unesa.ac.id/public/site/pdf.png)