EFEKTIVITAS VIDEO NEU IN BERLIN - DIE ERSTE BEGEGNUNG UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA JERMAN

  • AMELIA VANIA RENATA
  • BENNY HERAWANTO SOESETYO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah video Neu in Berlin- Die Erste Begegnung efektif dalam pembelajaran berbicara siswa. Subyek penelitian ini adalah siswa SMAN 1 Sooko karena berdasarkan hasil observasi awal, siswa di SMA tersebut seringkali antusias dengan pembelajaran menggunakan video sehingga pembelajaran di kelas menjadi lebih hidup. Hal tersebut juga menarik peneliti untuk menerapkan video Neu in Berlin- Die Erste Begegnung ini kepada siswa kelas X IPS di SMA Negeri 1 Sooko. Pokok pembahasan dalam penelitian adalah: apakah video Neu in Berlin- Die Erste Begegnung efektif digunakan dalam pembelajaran berbicara bahasa Jerman dengan tema Kennenlernen pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Sooko yang dilihat dari hasil tes berbicara siswa yang digunakan sebagai data penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah video Neu in Berlin – Die Erste Begegnung tidak efektif digunakan untuk pembelajaran berbicara bahasa Jerman dengan tema Kennenlernen kelas X IPS semester 1 di SMA Negeri 1 Sooko. Hal itu dibuktikan dengan tidak adanya perbedaan yang signifikan antara hasil tes dari kedua kelas. Hasil tersebut juga terjadi karena kurangnya perlakuan di dalam kelas saat melakukan penelitian.






Published
2019-07-30
How to Cite
VANIA RENATA, A., & HERAWANTO SOESETYO, B. (2019). EFEKTIVITAS VIDEO NEU IN BERLIN - DIE ERSTE BEGEGNUNG UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA JERMAN. LATERNE, 8(1). https://doi.org/10.26740/lat.v8n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 43
PDF Downloads: 145