HASIL BELAJAR KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JERMAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO BERBASIS APLIKASI POWTOON

  • MEIKE BELA FEBRIANA

Abstract

Hasil keterampilan berbicara bahasa jerman peserta didik SMK Negeri 1 Tuban dianggap rendah. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya penggunaan media dalam pembelajaran bahkan tidak pernah menggunakan media pembelajaran. Pembelajaran hanya menggunakan buku sebagai sumber pembelajaran sehingga terkesan membosankan. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka dibutuhkan suatu media pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran sangat penting karena dapat mempertinggi proses belajar siswa, sehingga dapat mempertinggi hasil belajar siswa. Untuk membuat media yang bervariatif, aplikasi powtoon menawarkan sebagai aplikasi pembuat video yang memiliki fitur animasi sangat menarik. Dengan demikian, media pembelajaran video berbasis aplikasi powtoon merupakan alat bantu proses pembelajaran untuk mempresentasikan atau menyampaikan materi yang berbentuk video yang lebih variatif, unik, dan menyenangkan yang dibuat menggunakan aplikasi powtoon. Sehingga rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah hasil belajar keterampilan berbicara siswa kelas XII TKJ 2 dengan media video berbasis aplikasi powtoon. Hasil belajar yang dimaksud diperoleh melalui tes dialog dengan tema Lebensmittel einkaufen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data dari penelitian ini yaitu hasil belajar siswa kelas XII TKJ 2 SMK Negeri 1 Tuban sebelum dan sesudah siswa belajar menggunakan media pembelajaran video berbasis Aplikasi Powtoon. Penelitian ini dilakukan sebanyak 3 kali pertemuan. Pertemuan pertama peserta didik diberikan tes dialog setelah menerima materi tanpa menerapkan media pembelajaran video berbasis aplikasi powtoon. Pertemuan kedua pembelajaran dilakukan dengan memberi materi dengan menggunakan aplikasi powtoon. Pada pertemuan ketiga dilakukan tes dialog kedua setelah menerima materi dengan menggunakan media pembelajaran video berbasi aplikasi powtoon. Nilai rata-rata kelas hasil belajar peserta didik pada tes 1 adalah 67,71 dan nilai rata-rata kelas pada tes 2 adalah 85,4. Hal ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar keterampilan berbicara peserta didik mengalami peningkatan setelah diberikan pembelajaran dengan menggunaan media pembelajaran video berbasis aplikasi powtoon.

Kata Kunci: Hasil belajar, keterampilan berbicara, Powtoon

Published
2020-01-15
How to Cite
BELA FEBRIANA, M. (2020). HASIL BELAJAR KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JERMAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO BERBASIS APLIKASI POWTOON. LATERNE, 8(2). https://doi.org/10.26740/lat.v8n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 205
PDF Downloads: 176