EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JERMAN KELAS XII BAHASA SMAN 1 KRIAN

  • DESY NILAM PRAWATI

Abstract

Berbicara merupakan kemampuan seseorang untuk menyampaikan informasi secara lisan. Namun tidak semua orang mampu menyampaikan informasi secara lisan dengan baik. Dengan demikian perlu adanya model pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam keterampilan berbicara. Salah satunya adalah model pembelajaran Make A Match. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan adanya keunggulan dari model pembelajaran Make A Match yaitu memudahkan siswa dalam berinteraksi dengan temannya.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran Make A Match efektif dalam keterampilan berbicara bahasa Jerman kelas XII Bahasa di SMAN 1 Krian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran Make A Match pada keterampilan berbicara bahasa Jerman kelas XII Bahasa SMAN 1 Krian.

Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 18-29 November 2019, sebanyak dua kali dan diikuti oleh 35 siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian uji coba. Sumber data dalam penelitian ini adalah peseta didik kelas XII Bahasa SMAN 1 Krian. Sedangkan data yang digunakan pada panelitian ini didapat dari lembar observasi yang kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Lembar observasi yang diperoleh siswa rata-rata 88,75% termasuk dalam kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan hasil observasi setelah menggunakan model pembelajaran Make A Match dalam pembelajaran keterampilan berbicara terdapat adannya perubahan dari aktivitas belajar siswa, sehinngga siswa lebih aktif dan percaya diri dalam pembelajaran keterampilan berbicara.

Kata Kunci: belajar efektif, Make A Match, keterampilan berbicara





Published
2020-01-16
How to Cite
NILAM PRAWATI, D. (2020). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JERMAN KELAS XII BAHASA SMAN 1 KRIAN. LATERNE, 8(2). https://doi.org/10.26740/lat.v8n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 91
PDF Downloads: 63